Kompas.com - 21/06/2018, 12:50 WIB
10 Universitas Terbaik Asia: Fudan University Dok. QS World University Ranking10 Universitas Terbaik Asia: Fudan University

KOMPAS.com - QS World Univerisity Ranking telah merilis pemeringkatan universitas terbaik di Asia untuk tahun 2018 - 2019. Tidak kurang dari 450 universitas Asia masuk dalam daftar pemeringkatan tersebut.

QS World University Ranking menggunakan 6 indikator penting dalam pemeringkatan yaitu: Reputasi akademik, Reputasi lulusan, Rasio fakultas dan mahasiswa, Kutipan jurnal ilmiah, Fakultas internasional dan Mahasiswa Internasional.

Berikut daftar 10 universitas terbaik di Asia:

1. Nanyang Technological University (NTU)

10 Universitas Terbaik Asia: NTUDok. QS World University Ranking 10 Universitas Terbaik Asia: NTU

Naik 2 peringkat, Korea Advanced Institute of Science & Technology didirikan pada 1971 sebagai universitas yang berorientasi sains dan rekayasa penelitian pertama di Korea Selatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

NTU menggantikan posisi National University of Singapore dan menyandang peringkat tertinggi di Singapura dan Asia. NTU menerima skor tertinggi di seluruh indikator termasuk Kutipan Jurnal Ilmiah yang mereka lansir.

Baca juga: Infografik, Ini Dia 9 Universitas Terbaik Indonesia versi QS World

NTU terbilang universitas baru, didirikan pada tahun 1991, dan secara konsisten masuk dalam peringkat 50 Terbaik universitas berumur di bawah 50 tahun.

NTU memiliki populasi siswa sekitar 32.400 dan memiliki kampus universitas terbesar di Singapura sekitar 200 hektar. NTU juga memiliki program studi (prodi) terbaik di dunia untuk 31 prodi, termasuk 10 posisi teratas untuk teknik kimia dan sipil.

2. National University of Singapore (NUS)

10 Top Universitas Asia: NUSDok. QS World University Ranking 10 Top Universitas Asia: NUS

National University of Singapore (NUS) turun satu peringkat kedua di Asia pada 2018, namun tetap menerima nilai tertinggi di seluruh indikator reputasi lulusannya, dan hanya tertinggal satu tempat di belakang NTU untuk Kutipan Jurnal Ilmiah.

NUS didirikan pada 1905 dengan nama King Edward VII College of Medicine dan saat ini memiliki sekitar 38.600 siswa, dan hampir 10.000 di antaranya belajar di tingkat pascasarjana.

NUS termasuk dalam universitas terbaik di dunia untuk 36 prodinya, termasuk posisi di 10 teratas untuk teknik kimia dan sipil, kimia, ilmu material, arsitektur, dan statistik.

3. The Hong Kong University of Science and Technology (HKUST)

10 Universitas Terbaik Asia: HKUSTDok. QS World University Ranking 10 Universitas Terbaik Asia: HKUST

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.