Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Asyik Agar Hari Pertama Sekolah Jadi Luar Biasa

Kompas.com - 12/07/2018, 14:33 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Masuk sekolah untuk pertama kali ke Taman Kanak-Kanak (TK) bisa jadi adalah momen penting antara orangtua dan anak.

Hal ini menjadi 'langkah awal' keluar dari rumah dan bertemu dengan lingkungan dan teman baru. Bisa jadi hari pertama masuk sekolah menjadi momen yang menggembirakan, menyenangkan atau mencemaskan.

Dalam tahap perkembangan usia 3, 4, dan 5 tahun, perubahan dapat membawa banyak dampak pada perasaan dan pikiran termasuk memasuki tahun ajaran baru.

Beberapa anak dapat menerima dan menikmati perubahan lebih cepat. Namun buat beberapa anak butuh tenaga dan perhatian ekstra selama hari-hari dan minggu pertama sekolah.

8 langkah sederhana dapat orangtua lakukan agar tahun ajaran baru ini menjadi tahun yang luar biasa:

1. Kunjungan sebelum sekolah

Kunjungi sekolah atau ruang kelas sebelum hari pertama masuk sekolah. Beberapa sekolah ada yang membuka diri untuk keluarga berkunjung sebelum tahun ajaran dimulai.

Jika tidak, lakukan perjalanan ke sekolah untuk sekadar melihat gedung dan taman bermain. Berikan gambaran menyenangkan dan serunya saat anak masuk sekolah nanti.

2. Baca buku serunya sekolah 

Buku menjadi cara terbaik untuk memberi gambaran menyenangkan tentang sekolah. Saat ini orangtua dengan mudah menemukan buku mengenai hal ini di toko buku. Bacakan kepada anak dan minta bagaimana pendapat dan perasaanya.

Baca juga: Ikuti 5 Tips Ini agar Anak Tidak Rewel di Hari Pertama Sekolah

Cara ini dapat menjadi pintu pembuka diskusi dengan anak tentang perasaannya terhadap sekolah, teman, guru, dan aktivitas baru.

3. "Latihan" sekolah-sekolahan

Bermain simulasi berangkat ke sekolah dan suasana kelas sangat membantu untuk menyiapkan anak sebelum hari pertama sebenarnya. Anggap ini hari sekolah, dan ikuti langkah-langkah mulai dari bangun, berpakaian, makan, bermain atau tanya jawab di kelas.

Tidak hanya itu, simulasi keterampilan ini juga akan membantu anak belajar mandiri seperti berpakaian, mengikat sepatu, membereskan tas atau mencuci tangan.

Anak akan merasa lebih percaya diri ketika dia diminta untuk melakukan hal-hal ini di sekolah.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com