Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Haru, Nursaka Siswa Pelintas Batas Dapat Sepeda dari Presiden Jokowi

Kompas.com - 16/09/2018, 11:37 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Masih ingat kisah Nursaka (8 tahun), siswa SD yang harus melintasi 2 negara, Indonesia dan Malaysia, untuk berangkat sekolah?

Berkat kemandiriannya, Nursaka atau yang akrab disapa Saka mendapatkan hadiah sepeda dari Presiden Republik Indonesia. Akun resmi Instagram resmi Direktorat Pembinaan SD Kemendikbud mengunggah video singkat Nursaka dengan senyum ceria menerima hadiah sepeda dari Presiden Jokowi.

Dalam video yang diunggah 14 September 2018 lalu, sepeda hadiah berwarna merah putih tersebut memiliki stiker bertuliskan "Hadiah Presiden Jokowi".

Disertai tagar #SepedaUntukSaka, dalam video tersebut terlihat Nursaka tersenyum sambil menaiki sepeda hadiahnya tersebut. Nampak pula ia berfoto bersama guru dan teman-teman dengan sepeda barunya di halaman SD Negeri 03 Sontas tempatnya bersekolah.

Tidak lupa, diakhir video Saka mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi atas hadiah tersebut.

Baca juga: Viral Video Nursaka Pelintas Cilik, Berangkat Sekolah Lewati 2 Negara

Video yang diunggah Direktorat Pembinaan SD Kemendikbud tersebut dapat dilihat melalui tautan berikut di sini.

Sebelumnya, sempat viral video seorang siswa SD diunggah akun resmi Twitter milik Direktorat Jendral Imigrasi @Ditjen_Imigrasi dan di retweet akun resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) @Kemdikbud_RI.

Dalam video berdurasi 1 menit tersebut, Ditjen Imigrasi menceritakan kisah Nursaka (8 tahun), siswa SD yang setiap hari melintasi dua negara untuk bersekolah. Nursaka atau yang disapa Saka adalah WNI tinggal di Tebedu, Malaysia dan bersekolah di Entikong, Indonesia, sehingga setiap hari melewati Pos Lintas Batas Negara (PLBN). 

Setiap hari, Nursaka melintasi kedua negara untuk berangkat sekolah. Dalam video juga dijelaskan, Nursaka merupakan pemegang Pas Lintas Bantas (PLB). Dalam salah satu adengan nampak Nursaka memperlihatkan dokumen PLB berwarna merah. PLB adalah dokumen perjalanan yang dimiliki khusus warga perbatasan.

Beragam komentar yang umumnya berupa apresiasi diberikan oleh warganet terkait ketekunan Saka ini.

"Anak sd yg punya rasa nasionalis yg tinggi..patut kita apresiasi semangat anak kita ini generasi anak bangsa," ujar akun @SarjanaSinulin1.  

"kok salute yaaa ???? aku terharuuu ???? semangat dek sekolahnya! semangat raih cita2mu ? Tuhan memberkati selalu,"  kata akun @DyahayuMM.  

"Nih pak, pejuang cilik kita.. Patut untuk di berikan apresiasi tinggi.. "Pengen sepeda dari pak jokowi".. Tutur bocah menggemaskan ini @jokowi," unggah akun @_pandu79.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com