Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Smart Library", Meningkatkan Mutu Pendidikan lewat Minat Baca

Kompas.com - 26/09/2018, 13:21 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu indikator capaian mutu pendidikan dapat dilihat dari kemampuan akademik siswa. Ukuran akademik ini dapat dilihat dalam penguasaan mereka di bidang matematika, sains, dan kemampuan membaca.

Seiring perkembangan teknologi dan karakter unik generasi milenial, dibutuhkan terobosan untuk menarik minat generasi muda dalam hal belajar dan juga membaca.

Smart Library dapat menjadi salah satu inovasi untuk menumbuhkan minat tersebut. Smart Library  merupakan aplikasi perpustakaan digital yang memudahkan masyarakat, khususnya komunitas di sekolah dalam mengakses informasi.

Harapannya, melalaui aplikasi yang diusung Gramedia Digital Nusantara ini dapat mendorong minat baca, meningkatkan kompetensi dan mutu dalam bidang pendidikan.

Nilai positif Smart Library

Karawang menjadi salah satu kota yang mengaplikasikan Smart Library untuk meningkatkan mutu pendidikan. Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana akan menerapkan Smart Library untuk 157 SMP di kabupaten Karawang.

Hal ini disampaikan Bupati dalam acara Forum Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMP Kabupaten Karawang, Senin (24/9/2018). "Saya sepakat karena di era digitalisasi ini suka tidak suka harus menggunakan teknologi informasi," kata Bupati.

Baca juga: T-PERPUS dan Upaya Meningkatkan Literasi Baik Generasi Milenial

Ia mengatakan Smart Library yang diinisiasi pihak Gramedia memiliki nilai positif. Cellica Nurrachadiana berharap dengan kehadiran Smart Library dapat meningkatkan mutu pendidikan di kabupaten Karawang, khususnya di tingkat SMP.

Tidak hanya itu, ia juga berharap pengetahuan anak didik dapat lebih berkembang dan lulus sekolah dengan nilai lebih baik. 

Akses konten digital berkualitas

Menurut Bupati Karawang ini bukan hal sulit untuk menerapkan Smart Library ke sekolah-sekolah di Karawang mengingat di setiap sekolah telah memiliki unit komputer.

“Saya rasa ini kesempatan baik. Tinggal kita bicarakan bagaimana teknisnya. Apakah dana PMMS bisa digunakan atau tidak, dan bagaimana respon teman-teman kepala sekolah. Atau 500 akun dulu, kan bisa dishare kepada yang memerlukan," katanya.

Pihak Gramedia, diwakili Irawan Sukma, Vice General Manager, mengatakan bahwa dalam rangka peningkatan minat baca dan literasi digital maka PT Gramedia bekerjasama dengan Gramedia Digital Nusantara mengembangkan sebuah aplikasi yang bisa dipakai secara gratis oleh masyarakat Indonesia. 

Aplikasi Smart Library akan memudahkan masyarakat mengakses konten digital berkualitas dan bermutu. Konten digital ini bisa berupa eBook, eNewspaper dan eMagazine.

Meningkatkan minat baca dan mutu pendidikan

 

“Sebuah kehormatan bisa bekerjasama dengan Pemkab Karawang untuk mewujudkan cita - cita luhur bangsa yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia. Semoga inisiatif ini bisa disambut baik oleh masyarakat Karawang dan juga Kabupaten lainnya di Indonesia," katanya.

Dalam kesempatan yang sama Sarjito, VP Business and Relation Gramedia Digital Nusantara menyampaikan saat ini Gramedia Digital telah bekerjasama dengan lebih dari 700 penerbit di Indonesia dan luar negeri.

Konten-konten tersebut kini dapat dinikmati dengan mudah mealuismartphone. Diharapkan dengan konten yang semakin kaya dan berkualitas akan meningkatkan minat baca dan memperbaiki mutu pendidikan Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com