Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berbela Rasa, UI Siap Terima Mahasiswa Tadulako Palu

Kompas.com - 05/10/2018, 14:07 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Gaduh drama di tahun politik tidak menyurutkan para pejuang kemanusiaan untuk terus menyuarakan bela rasa terhadap saudara kita yang tengah terkena dampak gempa dan tsunami di Palu, Sigi dan Donggala.

Dalam konteks berbela rasa tersebut, Universitas Indonesia (UI) siap menerima mahasiswa Universitas Tadulako di Palu, Sulawesi Tengah yang terkena dampak bencana gempa dan tsunami untuk berkuliah sementara atau sit in di seluruh fakultas yang ada di UI.

Riffely Dewi Astuti Kepala Humas UI membenarkan hal tersebut saat Kompas.com mengonfirmasi hal ini.

14 Fakultas dan progam membuka diri

Reffely menyampaikan, adapun fakultas yang tersedia di UI adalah:

  1. Fakultas Kedokteran
  2. Kedokteran Gigi
  3. Keperawatan
  4. Kesehatan Masyarakat
  5. Farmasi
  6. Hukum
  7. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  8. Ilmu Pengetahuan Budaya
  9. Ekonomi dan Bisnis
  10. Psikologi
  11. Ilmu Administrasi
  12. Teknik Ilmu Komputer
  13. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan
  14. Program Vokasi (Diploma 3).

Baca juga: UI Permudah Birokrasi Mahasiswa Tadulako yang Ingin Kuliah Sementara

Terkhusus Fakultas Kedokteran, kelas sit in diperuntukkan bagi mahasiswa yang telah masuk fase klinik.

Duka Palu - Donggala, duka bangsa

Rektor UI Prof. Muhammad Anis menuturkan, “Duka yang dirasakan masyarakat Palu – Donggala dan wilayah lainnya, turut dirasakan pula oleh segenap Bangsa Indonesia, khususnya sivitas akademika UI."

Anis menambahkan, untuk itu UI mendukung sepenuhnya penyelenggaraan Kuliah Sementera atau “Sit in” yang diinisiasi Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI).

Kepada mahasiswa Universitas Tadulako yang tengah kembali ke daerah asalnya di DKI Jakarta, Depok sekitarnya diperkenankan lapor diri ke UI agar dapat kembali mengikuti perkuliahan sesuai dengan jurusan yang diambil di universitas asal.

Komitmen birokrasi mudah

Prof. Anis juga menegaskan UI berkomitmen memberikan layanan birokrasi nyaman dan mudah mengingat para mahasiswa memiliki hak memperoleh akses pendidikan.

Lebih lanjut, dalam waktu dekat, UI juga akan menyelenggarakan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) bagi 600 mahasiswa Universitas Tadulako dengan mata kuliah Hukum Kekayaan Intelektual.

Seperti yang kita ketahui, kegiatan perkuliahan di Universitas Tadulako harus dihentikan sementara karena tengah menjalani proses rekonstruksi bangunan dan operasional kampus.

Diharapkan segenap sivitas akademika Universitas Tadulako beserta institusi Pendidikan di wilayah yang terkena dampak bencana ini dapat segera pulih, diberikan kesabaran dan ketabahan serta keberlangsungan kegiatan belajar mengajar dapat berjalan kembali dengan baik atas dukungan seluruh pihak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com