Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Hambatan Keluarga Terlibat di Kegiatan Sekolah

Kompas.com - 19/11/2018, 21:47 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Melibatkan keluarga dalam hal ini orangtua dalam praktek pendidikan di sekolah bukanlah mudah, terutama pelibatan orangtua dalam hal pemikiran, ide, atau gagasan.

Hal ini mengingat, seringkali antara sekolah dan orangtua kadang memiliki harapan dan kepentingan berbeda tentang bagaimana mendidik anak.

Ahmad Suriansyah, seorang doktor bidang manajemen pendidikan lulusan Universitas Utara Malaysia, dalam bukunya “Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat: Dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat” menulis, banyak kendala atau hambatan ditemui dalam menyatukan harapan dan kepentingan tersebut.

Dilansir dari forum Sahabat Keluarga Kemendikbud, hambatan-hambatan tersebut antara lain:

1. Ekonomi

Orangtua siswa yang memiliki tingkat ekonomi masih rendah sering disibukkan dengan pekerjaan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Kesibukan ini menyebabkan mereka cenderung sulit berpartisipasi/terlibat aktif dalam berbagai kegiatan bersama sekolah.

Baca juga: Mendikbud: Semua Penanganan Pendidikan Akan Berbasis Zonasi

2. Kurang percaya diri

Orangtua siswa kurang percaya diri untuk membantu sekolah. Hal ini diperkuat dengan sikap pihak sekolah yang juga kurang percaya diri membantu orangtua murid dalam mengatasi masalah-masalah pendidikan anak di rumah.

3. Kesenjangan generasi

Orangtua siswa yang usianya sangat tua atau tokoh masyarakat yang sudah sepuh cenderung tidak mau terlibat banyak dalam berbagai kegiatan sekolah, meskipun sebenarnya keterlibatan mereka sangat dibutuhkan sekolah.

4. Kesibukan pekerjaan

Kesibukan pekerjaan merupakan salah satu hal yang menjadi pertimbangan bagi orangtua siswa terlibat dalam berbagai kegiatan sekolah, lebih-lebih di pedesaan yang umumnya bermatapencaharian sebagai petani.

5. Norma dan nilai budaya

Faktor budaya dari orangtua yang kuat seakan-akan guru adalah seorang ahli yang memiliki kemampuan mengatasi segala masalah. Akibatnya, orangtua sering menyerahkan sepenuhnya keberhasilan pendidikan anaknya kepada pihak sekolah.

6. Budaya kelas

Keterbukaan sekolah untuk mengajak partisipasi orangtua siswa masih belum optimal. Ada keraguan pihak guru dan sekolah dan bahkan ketakutan kalau orangtua siswa melakukan intervensi pada hal-hal teknis yang menjadi kewenangan guru.

7. Pengalaman negatif masa lalu

Sekolah sering memiliki pengalaman negatif akibat keterlibatan orangtua siswa. Hal ini membawa dan mempengaruhi sekolah untuk enggan berbuat banyak dalam membangun kemitraan yang optimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com