Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Wisuda Bankir Cilik" untuk Tingkatkan Literasi Keuangan

Kompas.com - 28/11/2018, 23:08 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Bank Permata menyelenggarakan wisuda 88 "Bankir Cilik" jebolan "Program PermataBankir Cilik" di PermataBank Tower III Bintaro, Tangerang Selatan, Banten (28/11/2018).

PermataBankir Cilik adalah program edukasi literasi keuangan dan perbankan yang diberikan dalam bentuk rangkaian pelatihan dan pembekalan selama tiga bulan kepada Sekolah Dasar Negeri, Sekolah Dasar Luar Biasa atau yang setara.

Tujuan program ini adalah mencetak “Duta Menabung” yang mampu meneruskan pengetahuan literasi keuangan dan kebiasaan menabung sejak dini kepada teman-teman di sekolah dan lingkungannya.

Tahun ini, program PermataBankir Cilik diselenggarakan di 6 sekolah di area Tangerang Selatan, yaitu 1) SDN Pondok Kacang Barat 03, 2) SDN Pondok Kacang Barat 01, 3) SDN Perigi Baru, 4) SLB A Pembina Tingkat Nasional, 5) Yayasan Nara Kreatif, dan 6) Sekolah sepak bola Buyung Ismu & Friends Football Academy.

Baca juga: Literasi Keuangan untuk Generasi Milenial

Pada kesempatan tersebut, Ridha D.M. Wirakusumah, Direktur Utama Bank Permata menyampaikan, “Melalui program yang berkelanjutan ini, kami berharap 88 PermataBankir Cilik siap menjalankan perannya sebagai Duta Menabung dengan berbagi ilmu dan wawasannya kepada komunitas di sekitar mereka."

Ridha menambahkan, tahun ini pihaknya kembali melibatkan anak-anak berkebutuhan khusus dari SLB A Pembina Tingkat Nasional yang dilengkapi dengan Modul Finansial (MODAL) khusus dibuat dalam huruf braille. 

"Anak-anak tersebut harus memiliki kesempatan sama dengan teman-temannya yang lain. Kami sangat bersyukur karena program ini disambut baik oleh pihak sekolah maupun para pemangku kepentingan,” ujar Ridha.

Untuk memastikan seluruh kegiatan tepat sasaran, Bank Permata bermitra dengan Dunamis dan Maxima, ditambah sejumlah 15 guru pendamping dari sekolah terpilih.

Selama 3 bulan program, peserta PermataBankir Cilik terlibat secara aktif dalam berbagai proyek individu maupun kelompok, mulai dari “7 Habits of Highly Effective People” yang diberikan Dunamis, modul literasi keuangan, bootcamp Duta Menabung, 30 hari “Duta Menabung” serta berbagai agenda menarik seperti field trip ke Museum Bank Indonesia untuk mengenal sejarah perbankan Indonesia, dan ke kantor cabang Bank Permata untuk melihat langsung cara kerja di bank.

Semenjak 2015, Bank Permata melalui CSR PermataHati telah melahirkan kurang lebih 300 Duta Menabung melalui program PermataBankir Cilik.

Hal ini menjadi komitmen Bank Permata untuk terus memberikan edukasi literasi keuangan sejak dini dan turut mendukung misi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan membentuk karakter positif anak Indonesia yang disiplin, mandiri dan bertanggung jawab.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com