Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Binus Serpong: Membangun Solidaritas lewat Program Seragam Laik Pakai

Kompas.com - 20/12/2018, 14:34 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Binus (Bina Nusantara) School Serpong diinisiasikan Kelompok Orangtua (Parent Support Group/PSG) secara rutin setiap tahun mengumpulkan seragam layak pakai, serta keperluan sekolah lain untuk disumbangkan kepada murid sekolah di daerah kurang mampu.

Melalui program "Used Uniform Donation", tahun ini setelah pengumpulan selama dua bulan, PSG berhasil mengumpulkan 950 seragam, beserta botol minum dan kotak makan untuk selanjutnya didistribusikan ke sekolah-sekolah di Flores pada akhir November 2018.

Adapun sekolah yang mendapatkan donasi tahun ini yaitu SDK Wae Bangka, SDI Nderu, SDI Beci, SDI Ngancar, dan sekolah lain di Lembor Labuanbajo, Flores.

"Program ini merupakan suatu perwujudan dari visi Binus School Serpong untuk mengajak siswa-siswi dalam menginsipirasi dan berkontribusi langsung kepada masyarakat," jelas Angela, Humas Binus School Serpong kepada Kompas.com (20/12/2018).

Baca juga: 4.116 Lulusan Binus Siap Membangun Indonesia

Donasi yang telah memasuki tahun ke-4 ini diusahakan agar dapat didistribusikan kepada sebanyak mungkin anak kurang mampu, sehingga setiap tahunnya sekolah-sekolah yang menerima donasi pun berbeda-beda.

“Program Used Uniform Donation ini berguna selain untuk membantu anak kurang mampu, juga merupakan hal baik untuk kita dapat memanfaatkan kembali baju-baju seragam yang sudah tidak terpakai lagi oleh para murid," ujar Audrey, ketua Parent Support Group TK dan SD Binus School Serpong. 

Ia menambahkan, "Dan yang terpenting adalah dapat mengajarkan, menanamkan, dan mengembangkan jiwa kepedulian sosial para murid kepada sesamanya yang membutuhkan.” 

Angela menjelaskan, pengumpulan barang donasi dilakukan secara sukarela. Barang-barang didonasikan sebelumnya akan melalui proses pemilihan kelayakan.

Barang yang sudah rusak, sobek, kotor, tidak akan diteruskan untuk donasi. Kemudian kelompok PSG dan orangtua lain akan membantu melepaskan logo sekolah yang tercantum di seragam, sebelum akhirnya diserahkan kepada pihak ke-3 untuk didistribusikan ke sekolah-sekolah di Flores.

"Dengan tema tahun ini 'Raihlah Mimpimu Setinggi Langit', Binus School Serpong berharap bahwa donasi ini dapat mendukung siswa-siswi kurang mampu untuk berani mempunyai serta mencapai impian mereka setinggi langit," tutup Angela.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com