Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI Luncurkan Rumah Sakit PTN Pertama di Indonesia, Ini Layanannya

Kompas.com - 28/01/2019, 23:17 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) meresmikan rumah sakit pendidikan tinggi negeri (RS-PTN) pertama di Indonesia, Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI).

RSUI merupakan RS-PTN pertama di Indonesia dengan konsep Rumah Sakit Hijau (Green Hospital Concept) pada rancangan bangunannya sehingga ramah lingkungan dan berorientasi sepenuhnya pada keselamatan pasien.

Pada 16 Januari 2019 lalu, RSUI resmi dibuka untuk umum.

Dilansir dari laman resmi UI (28/1/2019) dalam urusan pelayanan kesehatan, RSUI memiliki 10 jenis klinik terdiri dari Klinik Anak, Bedah, Gigi, Gizi, Jantung, Obgin, Penyakit Dalam, Saraf, Umum, dan Radiologi.

Layanan unggulan 

 

Selain itu, RSUI juga dilengkapi kapasitas 300 tempat tidur. Seluruh pelayanan tersebut didukung fasilitasdan sarana prasana terbaik. 

Baca juga: 5 Inovasi Pendidikan Tinggi untuk Hasilkan Lulusan di Industri 4.0

Beberapa pelayanan unggulan ditawarkan RSUI yaitu pelayanan Neurokardivaskuler, Intensive Cardiology Care Unit (ICCU), dan Cath-lab. Neurokardivaskuler merupakan program unggulan RSUI yang ditawarkan klinik saraf  melibatkan kerja sama 2 departemen, yaitu neurologi dan kardiologi.

ICCU merupakan salah satu sarana pelayanan klinik jantung yang ditujukan untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi pasien penderita penyakit jantung yang membutuhkan perawatan dengan observasi ketat.

Cath-lab merupakan salah satu fasilitas pemeriksaan radiologi secara angiografi untuk proses diagnostiknya.

Fitur keselamatan dan keamanan

RSUI dilengkapi fitur keselamatan pasien dan kenyamanan bagi semua orang yang beraktivitas di dalam gedung, antara lain:

  • Bangunan utama RSUI memiliki bantalan anti gempa untuk menahan guncangan gempa hingga 9.0 skala ritcher dengan aman.
  • Setiap lantai memiliki kompartemen tahan api dan bebas asap sebagai area aman saat terjadi musibah kebakaran dan untuk mempermudah evakuasi.
  • Ruang rawat inap dirancang dan ditata agar dapat memperoleh sinar ultra violet matahari sebanyak-banyaknya sebagai program pengendalian infeksi rumah sakit.
  • Bangunan untuk mesin generator listrik dan mesin penghembus udara sejuk terpisah dari bangunan, sehingga pasien dan seluruh staf RSUI dapat melakukan aktivitasnya secara produktif karena bebas dari getaran dan kebisingan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com