Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua LTMPT: Hasil Pemeringkatan SNMPTN Hanya Dapat Dilihat oleh Siswa

Kompas.com - 04/02/2019, 08:59 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Panitia Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menyampaikan hasil pemeringkatan dan eligibilitas siswa untuk mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN) 2019 akan diumumkan pagi ini (4/2/2019) Pk. 08.00 - Pk. 15.00 WIB.

Saat dihubungi, Prof. Ravik Karsidi Ketua LTMPT menyampaikan kepada Kompas.com bahwa hasil pemeringkatan tersebut hanya dapat dilihat oleh siswa secara individu.

"Hasil pemeringkatan (SNMPTN 2019) hanya dapat dilihat oleh siswa secara individu. Jadi sekolah atau orang lain yang tidak memiliki username dan password yang diberikan kepada siswa tidak bisa melihat," jelas Prof. Ravik.

Baca juga: Jangan Lupa, Pendaftaran SNMPTN 2019 Dibuka Hari Ini

Hal ini juga ditegaskan Ketua Kordinator Pelaksana Teknis SNMPTN 2019 Prof. Budi Prasetyo.

"Hasil pemeringkatan tidak diinfokan secara terbuka, sekolah saja tidak bisa melihat. Hak informasi eligibilitas ada di siswa masing-masing dengan akses di laman SNMPTN menggunakan username dan password masing," ujar Prof. Budi Prasetyo.

Pengamatan Kompas.com pagi ini, pendaftaran SNMPTN 2019 melalui tautan https://web.snmptn.ac.id/ dapat diakses dengan lancar tanpa kendala. 

Untuk masuk dalam pendaftaran, siswa dapat memasukan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan password. Password yang digunakan adalah password yang sama dengan sistem pengisian PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa).

 

Prof. Budi Prasetyo juga menyampaikan, "Mulai pkl 8.00 WIB segera akses ke web SNMPTN untuk melihat apakah siswa masing-masing eligibel untuk mendaftar di SNMPTN."

Ia mengimbau bagi siswa yang eligibel mulai Pk. 15.00 WIB segera melakukan pendaftaran SNMPTN 2019.

"Jangan menunda pada waktu akhir pendaftaran. Dan bagi siswa tidak eligibel dimohon mempersiapkan diri untuk mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer dan lanjut mendaftar SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) sesuai waktu yang sudah ditentukan," pesannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com