Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenkeu Gandeng Mahasiswa Sosialisasi Kebijakan Keuangan Pemerintah

Kompas.com - 06/02/2019, 21:46 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat, khususnya generasi muda, akan kebijakan keuangan negara.

Di tengah cepatnya kemajuan teknologi dan pertumbuhan populasi generasi muda usia produktif, Kemenkeu mencari ide dan inovasi terkini guna membantu penyusunan kebijakan lebih transparan serta memberikan ruang edukasi publik.

Sayangnya, populasi generasi muda khususnya mahasiswa saat ini tidak berbanding lurus dengan besarnya pengetahuan, peran, dan partisipasi mereka dalam isu-isu kebijakan publik.

Menyadari hal tersebut, Kemenkeu berupaya meningkatkan perhatian, ketertarikan, dan pemahaman generasi muda akan kebijakan keuangan negara.

Kompetisi nasional

Untuk itu, Kemenkeu bersama Kalibrr dan Accenture menggelar acara kompetisi hackathon berskala nasional dengan tema “Generasi #UangKita”.

Baca juga: Kini Saatnya Mahasiswa Unjuk Gigi Demi Dukung Indonesia Maju 2045

Acara tersebut bertujuan menyatukan pemuda Indonesia yang memiliki visi dan semangat tinggi untuk memajukan bangsa melalui ide dan solusi inovatif berbasis teknologi.

Para mahasiswa ditantang untuk mendesain, mengeksekusikan, dan mengomunikasikan sebuah wadah edukasi berupa digital application dan marketing plan yang berdampak positif guna meningkatkan pemahaman milenial tentang kebijakan keuangan pemerintah.

Masukan bagi Kemenkeu

Kompetisi "Hackathon Generasi #UangKita" ini akan mengumpulkan generasi muda yang unggul di beragam bidang terbagi dalam tiga kategori, di mana satunya adalah desainer aplikasi.

Lebih lanjut, ketiga kategori tersebut akan mendapatkan kesempatan pendampingan dari perwakilan kementerian dan pakar pemain industri teknologi.

Tidak hanya itu saja, mereka berhak mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan ide inovatif dan solusi teknologinya kepada para penyusun regulasi di Kemenkeu. Diharapkan solusi teknologi dan ide inovatif terbaik akan menjadi masukan untuk Kemenkeu dalam merancang program komunikasi ke generasi milenial.

Registrasi online Generasi #UangKita telah dimulai sejak 1 Oktober 2018 hingga 31 Januari 2019 lalu melalui laman resmi Kalibrr.

Menanti kompetisi final

Kemenkeu bersama Kalibrr dan Accenture yang nantinya akan secara langsung menyeleksi dan mengumumkan ke-30 kandidat terpilih dalam final kompetisi hackathon pada tanggal 1 sampai 3 Maret 2019.

”Para kandidat dan mahasiswa dapat mengakses laman resmi hackathon di www.hackathonuangkita.com untuk mempelajari proses administrasi dan dokumen yang diperlukan serta online test yang harus ditempuh untuk menjadi finalis Generasi #UangKita,” papar Sanuk Tandon Managing Director Kalibrr Indonesia.

Menurutnya, generasi muda, harus memanfaatkan kesempatan ini guna melatih keahlian personal dan profesionalnya agar terbiasa pada kolaborasi kerja efektif untuk karir di masa depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com