Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal Pengumuman SNMPTN 2019 Dipercepat, Catat Tanggalnya

Kompas.com - 18/03/2019, 11:25 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Panitia Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mempercepat jadwal pengumuman hasil seleksi jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019.

Hal ini disampaikan Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Prof Budi Prasetyo melalui pengumuman resmi yang diterima Kompas.com (17/3/2019).

Pengumuman seleksi jalur SNMPTN 2019 yang semula akan diumumkan pada tanggal 23 maret 2019 dipercepat menjadi hari Jumat, 22 Maret 2019 mulai Pk. 16.00 WIB.

2 alasan

Hal ini disebabkan karena proses seleksi sudah dapat diselesaikan lebih awal sekaligus memberi kesempatan bagi siswa yang tidak lulus seleksi untuk mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer di gelombang pertama.

Baca juga: Pengumuman SNMPTN 2019 Dipercepat, Bagaimana Bila Tidak Diterima?

"Mengingat proses seleksi jalur SNMPTN sudah dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan agar bisa memberi kesempataan bagi siswa yang tidak lolos SNMPTN untuk mendaftar UTBK Gelombang I," jelas Prof. Budi.

Sebelumnya Prof. Ravik Karsidi Ketua LTMPT kepada Kompas.com melalui pesan singkat (4/2/2019) menginformasikan jumlah siswa eligibel (layak) untuk mendaftar di SNMPTN tahun ini sebanyak 613.860 siswa dan jumlah sekolah yang siswanya eligibel bisa mendaftar di SNMPTN 2019 sebanyak 14.744 sekolah.

Pemeringkatan

"Pemeringkatan dan eligibilitas siswa dilakukan untuk setiap sekolah per jurusan yang didaftarkan di PDSS 2019 dan didasarkan pada isian data nilai oleh sekolah yang sudah diverifikasi oleh siswa, untuk mata pelajaran tercantum di laman www. snmptn.ac.id," jelas Prof. Ravik. 

Lebih jauh, Ketua LTMPT menjelaskan pemeringkatan siswa dilakukan oleh sistem berdasarkan nilai mata pelajaran sebagai berikut:

1. Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.

2. Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.

3. Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.

4. SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com