Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Universitas Terbaik Indonesia dalam Memberi Dampak Sosial-Ekonomi

Kompas.com - 09/04/2019, 06:56 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu lembaga pemeringkatan pendidikan tinggi THE (Times Higher Education) World University Rankings merilis peringkat universitas dunia berdasarkan dampak universitas terhadap sosial dan ekonomi (2/4/2019).

Pemeringkatan ini melibatkan 450 universitas dari 76 negara dengan menggunakan Sustanaible Develompment Goal's (SDG's) Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Indikator SDG's PBB

Setidaknya ada 11 indikator dari 17 indikator SDG's PBB digunakan THE, yaitu: (1) Kesehatan dan kesejahteraan, (2) Pendidikan berkualitas, (3) Kesetaraan jender, (4) Pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi, (5) Industri, inovasi, dan infrastruktur.

Baca juga: 5 PTN Indonesia Masuk Daftar Universitas Terbaik di Negara Berkembang

Termasuk di dalamnya indaikator lain yakni: (6) Mengurangi kesenjangan, (7) Kota dan komunitas yang berkelanjutan, (8) Konsumsi dan produksi yang bertanggung jawabm (9) Aksi iklim, (10) Perdamaian, keadilan dan institusi yang kuat serta (11) Kemitraan untuk mencapai tujuan.

Selandia Baru memimpin

Universitas Auckland di Selandia Baru, Universitas McMaster Kanada dan Universitas British Columbia, dan Universitas Manchester di Inggris masuk sebagai 4 besar universitas dunia yang paling memberi dampak sosial dan ekonomi dalam pemeringkatan kali ini.

Jepang menjadi negara paling banyak masuk dalam pemeringkatan dengan 41 universitas, diikuti AS dengan 31 dan Rusia dengan 30 universitas.

5 Universitas Indonesia Berdampak Sosial Ekonomi versi THE

Berdasarkan data yang sama, Indonesia berhasilkan memasukan 5 universitas dalam daftar pemeringkatan universitas berdampak sosial dan ekonomi versi THE tahun 2019.

1. Universitas Indonesia (peringkat 80 dunia)

2. Universitas Diponegoro (peringkat 101-200)

3. Universitas Gadjah Mada (peringkat 101-200)

4. Institut Pertanian Bogor (peringkat 201-300)

5. Institut Teknologi Bandung (peringkat 300+)

6. Universitas Padjajaran (peringkat 300+)

7. Universitas Negeri Yogyakarta (peringkat 300+)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com