5 PTN Indonesia Masuk Daftar Universitas Terbaik di Negara Berkembang

Kompas.com - 20/01/2019, 12:56 WIB
Mahasiswa Universitas Indonesia mengikuti kuliah umum. Dok. Universitas IndonesiaMahasiswa Universitas Indonesia mengikuti kuliah umum.

KOMPAS.com - The Times Higher Education (THE) baru saja merilis pemeringkatan universitas di negara berkembang dalam "Emerging Economies Ranking Universities 2019" (15/1/2019).

Pemeringkatan THE menggunakan setidaknya 5 indikator untuk menilai lembaga berdasarkan pengajaran, penelitian, kutipan jurnal ilmiah dan pandangan internasional serta pandangan dunia industri.

Secara keseluruhan terdapat 442 universitas dari 43 negara masuk dalam daftar THE tahun 2019 ini.

China tetap menjadi negara paling banyak memasukan daftar dengan 72 universitas, bertabah dari 63 universitas tahun lalu. 

Baca juga: Ini Dia, 14 Universitas Terbaik Indonesia 2018 versi Kemenristek

India berada di posisi kedua dengan negara paling banyak dengan 49 universitas setelah tahun lalu memasukan 42 universitas mereka dalam daftar.

Di negara lain, negara-negara berkembang Eropa umumnya mengalami penurunan, sementara beberapa negara di Timur Tengah dan Afrika Utara serta kawasan Asia Tenggara justru mengalami kemajuan.

Bagaimana dengan Indonesia?

Secara keseluruhan, 5 universitas Indonesia termasuk dalam peringkat dengan pemeringkatan THE ini yakni: Universitas Indonesia ( UI), Institut Teknologi Bandung ( ITB), Institut Pertanian Bogor ( IPB), Universitas Gadjah Mada ( UGM) dan Institut Teknologi 10 November ( ITS).

UI menjadi satu-satunya universitas dari Indonesia yang masuk dalam 100 terbaik di posisi 82 setelah tahun lalu berada di posisi 184. ITB juga mengalami kenaikan 27 peringkat berada di posisi  146 bersama dengan Universitas Pertanian Nanjing di Cina.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X