KOMPAS.com - Muhammad Azman, Nastasya Larasati dari Sekolah Bisnis, Institut Pertanian Bogor (SB IPB) angkatan 54 berhasil meraih juara pertama dalam lomba "EVEREST National Paper Competition 2019" yang diadakan oleh Departemen Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sumatera Utara pada 11-15 April 2018.
Muhammad Azman menyampaikan peserta lolos final terdiri dari 15 tim dan IPB berhasil meraih peringkat pertama. Juara II diraih tim Institut Teknologi Bandung (ITB) dan juara ketiga berhasil diraih tim Universitas Sumatera Utara (USU).
Dilansir dari laman ITB, Azman dan tim membawakan paper terkait bisnis yang saat ini sedang dijalankan dengan cara kerja seperti "Unicorn" berupa start up bernama belanjabareng.id.
Baca juga: Sepatu Etnik-Elektrik Antar SMA 4 Denpasar Juara Bisnis Asia Pasifik
Belanjabareng.id merupakan platform business to business, artinya produk atau jasa dijual dari satu perusahaan ke perusahaan lain. Belanjabareng.id menjadi penghubung supplier dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan sistem crowdfunding (grup buying) untuk membantu UMKM menuju pasar ekonomi global dan mendukung program Sustainable Development Goals (SDGs).
“Saya memilih tema ini karena sejalan dengan fokus saya yaitu Sekolah Bisnis dan ingin menguji sejauh mana ide yang saya dan teman-teman tawarkan diterima khalayak. Harapannya apa yang kami bawakan sejalan dengan visi IPB yaitu mencetak sociotechnopreneur,” kata Azman.
Azman menyampaikan, belanjabareng.id itu seperti platform marketplace.
“Bedanya belanjabareng.id mengunggulkan sistem grupbuying atau kolaborasi. Setiap UMKM bisa mendapatkan harga terendah untuk kebutuhan bisnisnya dengan membeli bersama-sama sampai mencapai minimum order quantity yang ditetapkan supplier," jelasnya.
Selain itu nanti setiap supplier dapat masuk atas entitas resmi Indonesia seperti PT (Perseroan Terbatas) atau CV (Comanditaire Venootschap) atau Usaha Dagang (UD) atau sejenisnya atau hanya yang memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
Rencananya belanjabareng.id akan dibuka untuk umum dengan tetap mempertahankan segmentasi untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).
"Saya berharap belanjabareng.id ini menjadi karya yang bisa membawa nama baik Sekolah Bisnis IPB di ajang kompetisi nasional maupun internasional, dan khususnya bisa melahirkan ‘unicorn’ dari IPB,” tutupnya.