Kompas.com - 18/04/2019, 20:16 WIB

KOMPAS.com - Pelajar SMAN 4 Denpasar berhasil memenangkan Juara Kedua ajang "2019 Junior Achievement (JA) Asia Pacific Company of the Year Competition" yang diselenggarakan  JA Asia Pacific di Manila, Filipina, 10-14 Maret lalu.

Berkat prestasi gemilang dalam kompetisi bisnis tersebut, keempat pelajar yang tergabung dalam Zeal Student Company meraih kesempatan menempuh pendidikan tinggi di Amerika Serikat melalui beasiswa ‘IUA-JA Excellence Scholarship’.

Penghargaan beasiswa diserahkan secara simbolis kepada keempat pelajar oleh International University Alliance dan disaksikan Perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Bali, Citi Indonesia dan Prestasi Junior Indonesia di Student Common Room SMAN 4 Denpasar, Bali (16/4/2019).

Sociopreneurship tingkat SMA

SMAN 4 Denpasar merupakan salah satu sekolah peserta program edukasi ‘Youth Sociopreneurship Initiative’ yang digagas Prestasi Junior Indonesia bersama Citi Indonesia dari Citi Foundation.

Melalui program ini, pelajar SMA dan SMK di lima kota Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan Denpasar dibina untuk mendirikan dan mengoperasikan sebuah perusahaan (SC-Student Company) di sekolah.

Baca juga: Raih Prestasi Internasional Terbanyak, UMN Terima Penghargaan LLDIKTI

Hal ini termasuk menciptakan ide produk, merencanakan strategi bisnis, melakukan penjualan produk, hingga likuidasi perusahaan.

 Director, Country Head Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N. Makki mengungkapkan, “Kami merasa bangga atas pencapaian prestasi yang telah ditorehkan generasi muda perwakilan SC Denpasar di kompetisi berskala internasional sehingga berhasil memperoleh beasiswa.

"Ini membuktikan bahwa ide, kapasitas serta skill para generasi muda Indonesia tidak kalah bahkan mampu bersaing di level internasional,” ujar Elvera melalui rilis media Prestasi Junior.

Inovasi "sepatu elektrik" 

Dalam kompetisi ini, pelajar SMAN 4 Denpasar membawa produk inovatif mereka, yaitu "Gunny E-Pro Footwear", sepatu yang mengombinasikan karung goni dan Kain Endek Bali serta dapat memproduksi energi listrik. Setiap langkah sepatu akan mengubah energi fisik manusia menjadi energi listrik menggunakan piezoelectric.

Dewan juri menilai bisnis mereka berhasil mengangkat potensi material lokal dan budaya Indonesia sekaligus memberdayakan dan memberikan manfaat positif bagi komunitas dan lingkungan.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.