Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaftaran SBMPTN 2019 Gratis, Ketua LTMPT: Perhatikan 6 Hal Ini

Kompas.com - 10/06/2019, 12:23 WIB
Mela Arnani,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dibuka mulai hari ini, Senin (10/6/2019) pukul 13.00 WIB.

Para peserta yang telah mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dapat mendaftar maksimal dua program studi di universitas negeri pilihannya.

Pendaftaran dapat dilakukan secara online hingga 24 Juni 2019 mendatang melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.

1. Bebas biaya

"(Pendaftaran SBMPTN) tidak bayar," kata Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof. Ravik Karsidi kepada Kompas.com, Senin (10/6/2019).

2. Pilih sesuai minat bakat

Menurut Ravik, peserta dapat memilih program studi berdasarkan pada kemampuan masing-masing.

Baca juga: SBMPTN Dibuka Siang Ini, 85 PTN Ini Dapat Jadi Pilihan Pejuang SBMPTN

"Pastikan program studi yang dipilih sesuai minat dan bakat, bukan karena diminta orangtua atau ikut teman," ujar Ketua LTMPT.

3. Perhatikan ketentuan

Peserta dapat memperhatikan semua ketentuan dan persyaratan tahapan pendaftaran SBMPTN di laman https://sbmptn.ltmpt.ac.id.

4. Pertimbangkan kuota 

Kuota setiap program studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru jalur SBMPTN sebanyak 40 persen dari daya tampung program studi di PTN.

"Sebagai pertimbangan, program studi, daya tampung per PTN tahun 2019, dan jumlah peminat program studi per PTN tahun 2018 dapat dilihat di laman https://sbmptn.ltmpt.ac.id," papar Ravik.

5. Peserta Bidikmisi

Peserta program bidikmisi diimbau untuk mengetahui prosedur pendaftaran di laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.

Ravik menegaskan, calon peserta bidikmisi dan non-bidikmisi yang telah dinyatakan lolos SNMPTN 2019 tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN tahun ini.

6. Satu-satunya penyelenggara

Seluruh masyarakat diminta berhati-hati selama proses pelaksanaan SBMPTN 2019, karena LTMPT tidak bekerja sama dengan pihak manapun.

"Semua informasi resmi dan setiap terjadi perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan SBMPTN 2019 selalu diinformasikan melalui laman resmi SBMPTN," tutur Ravik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com