Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SBMPTN 2019 UGM Siapkan 3.090 Kursi, Ini Hal yang Perlu Diperhatikan

Kompas.com - 13/06/2019, 15:46 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) telah dibuka Senin (10/6) lalu. Pada jalur seleksi ini, UGM akan menerima 3.090 mahasiswa baru pada Tahun Ajaran 2019/2020.

Jumlah ini merupakan 45 persen dari keseluruhan daya tampung dari 68 prodi S1. “Kuota untuk SBMPTN sebesar 45 persen dari keseluruhan yang akan kami terima dari tiga jalur penerimaan. Tahun ini UGM akan menerima 3.090 mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN,” ujar Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM, Iva Ariani, dilansir dari laman resmi UGM (12/6/2019).

Sebelumnya, kepada Kompas.com (11/6/2019) Iva menyampaikan pada SBMPTN 2018 UGM menerima 2.973 mahasiswa terdiri dari 2.117 mahasiswa kelompok bidang Saintek dan 856 mahasiswa kelompok bidang Soshum.

Tahun lalu, prodi kelompok Saintek yang paling diminati adalah Kedokteran, Farmasi, dan Teknik Sipil. Sementara, untuk prodi kelompok Soshum yang banyak peminatnya yaitu Hukum, Psikologi, dan Manajemen.

Belum tentukan passing grade

SBMPTN merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru UGM di samping jalur SNMPTN yang telah lebih dahulu berlangsung serta jalur ujian mandiri.

Baca juga: Pendaftaran SBMPTN 2019 Gratis, Ketua LTMPT: Perhatikan 6 Hal Ini

 

Persyaratan peserta untuk mengikuti SBMPTN adalah memiliki nilai UTBK yang masih berlaku, memiliki ijazah atau surat keterangan lulus pendidikan menengah, serta merupakan lulusan pendidikan menengah maksimal tiga tahun terakhir.

“Salah satu persyaratan peserta adalah memiliki nilai UTBK,” tuturnya.

Pada tahun ini, proses seleksi di dalam jalur SBMPTN dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). UTBK sendiri diikuti oleh siswa lulusan tahun 2017, 2018, dan 2019 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2017, 2018, dan 2019.

"Ini tahun pertama, jadi kami belum bisa memberikan nilai berapa yang masuk. Tergantung pendaftarnya. Semua berdasarkan nilai UTBK," jelas Iva.

Perhatikan prioritas pilihan

Iva menegaskan, ketentuan tahun ini menyebutkan bahwa peserta yang diterima melalui jalur SNMPTN 2019 tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN 2019.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan melalui laman pendaftaran-sbmptn.ltmpt.ac.id dengan mengikuti tahapan mulai dari mengisi biodata, memilih PTN dan program studi.

Sama seperti tahun sebelumnya, kelompok program studi pada SBMPTN 2019, dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek dan kelompok Soshum, dan setiap pendaftar dapat memilih paling banyak dua PTN dan memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN.

“Peserta SBMPTN 2019 dapat memilih program studi di PTN mana pun. Perlu diperhatikan, urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan,” imbuh Iva.

Untuk penerimaan melalui jalur mandiri, UGM menyelenggarakan seleksi jalur Penelusuran Bibit Unggul (PBU) yang hasilnya akan diumumkan pada 28 Juni mendatang, serta Ujian Tulis (UTUL) UGM yang pendaftarannya dibuka pada tanggal 11 Juni hingga 1 Juli 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com