Pendaftaran SBMPTN 2019 Gratis, Ketua LTMPT: Perhatikan 6 Hal Ini

Kompas.com - 10/06/2019, 12:23 WIB
Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof. Ravik Karsidi saat memberikan keterangan kepada media saat meninjau pelaksanaan UTBK Gelombang 1 di Jakarta (13/4/2019). Dok. KemenrsitekdiktiKetua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof. Ravik Karsidi saat memberikan keterangan kepada media saat meninjau pelaksanaan UTBK Gelombang 1 di Jakarta (13/4/2019).

KOMPAS.com - Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN) dibuka mulai hari ini, Senin (10/6/2019) pukul 13.00 WIB.

Para peserta yang telah mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dapat mendaftar maksimal dua program studi di universitas negeri pilihannya.

Pendaftaran dapat dilakukan secara online hingga 24 Juni 2019 mendatang melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.

1. Bebas biaya

"(Pendaftaran SBMPTN) tidak bayar," kata Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT) Prof. Ravik Karsidi kepada Kompas.com, Senin (10/6/2019).

2. Pilih sesuai minat bakat

Menurut Ravik, peserta dapat memilih program studi berdasarkan pada kemampuan masing-masing.

Baca juga: SBMPTN Dibuka Siang Ini, 85 PTN Ini Dapat Jadi Pilihan Pejuang SBMPTN

"Pastikan program studi yang dipilih sesuai minat dan bakat, bukan karena diminta orangtua atau ikut teman," ujar Ketua LTMPT.

3. Perhatikan ketentuan

Peserta dapat memperhatikan semua ketentuan dan persyaratan tahapan pendaftaran SBMPTN di laman https://sbmptn.ltmpt.ac.id.

4. Pertimbangkan kuota 

Kuota setiap program studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru jalur SBMPTN sebanyak 40 persen dari daya tampung program studi di PTN.

"Sebagai pertimbangan, program studi, daya tampung per PTN tahun 2019, dan jumlah peminat program studi per PTN tahun 2018 dapat dilihat di laman https://sbmptn.ltmpt.ac.id," papar Ravik.

5. Peserta Bidikmisi

Peserta program bidikmisi diimbau untuk mengetahui prosedur pendaftaran di laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.

Ravik menegaskan, calon peserta bidikmisi dan non-bidikmisi yang telah dinyatakan lolos SNMPTN 2019 tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN tahun ini.

6. Satu-satunya penyelenggara

Seluruh masyarakat diminta berhati-hati selama proses pelaksanaan SBMPTN 2019, karena LTMPT tidak bekerja sama dengan pihak manapun.

"Semua informasi resmi dan setiap terjadi perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan SBMPTN 2019 selalu diinformasikan melalui laman resmi SBMPTN," tutur Ravik.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X