Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

372.534 Peserta Telah Daftar SBMPTN 2019, Ini Rinciannya

Kompas.com - 17/06/2019, 19:02 WIB
Mela Arnani,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) masih berlangsung hingga 24 Juni 2019 mendatang.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui situs https://pendaftaran.sbmptn.ac.id.

Hingga Senin (17/6/2019) pukul 16.00 WIB, sebanyak 372.534 peserta tercatat telah mendaftar.

Jumlah tersebut terdiri dari 177.523 peserta program kelompok Sains dan Teknologi, 190.235 peserta program kelompok Sosial Humaniora, dan 4.773 peserta program kelompok campuran.

"Menurut statusnya dapat diketahui jumlah peserta reguler sebanyak 267.566 peserta dan Bidikmisi sebanyak 104.968 peserta," kata Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Ravik Karsidi kepada Kompas.com, Senin (17/6/2019) sore.

Ravik menuturkan, tidak akan ada perpanjangan waktu pendaftaran SBMPTN 2019.

Peserta diimbau untuk membaca setiap detail informasi, baik persyaratan dan tahapan pendaftaran yang ada di situs https://sbmptn.ltmpt.ac.id.

Baca juga: SBMPTN 2019 UGM Siapkan 3.090 Kursi, Ini Hal yang Perlu Diperhatikan

Nilai Subtes

Ravik menegaskan, pihaknya tak pernah mengeluarkan informasi seputar pembobotan sub-tes nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) agar masuk ke program studi (prodi) tertentu.

"Informasi tentang pembobotan sub-tes nilai UTBK untuk bisa masuk atau memilih ke prodi tertentu di suatu PTN, dipastikan informasi tersebut adalah tidak benar," ujar Ravik.

Menurut Ravik, nilai sub-tes akan diperhitungkan terkait prodi pilihan dan nilai UTBK paket tes merupakan satu kesatuan.

Sementara, untuk peserta yang mempunyai dua hasil UTBK, sistem secara otomatis akan memilih nilai tertinggi sesuai prodi pilihan.

"Sampai saat ini, LTMPT dan Rektor tiap-tiap PTN tidak pernah mengeluarkan passing grade tiap-tiap prodi PTN,"

Masyarakat diimbau untuk selalu waspada terhadap segala jenis informasi yang berkaitan dengan penerimaan mahasiswa baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com