Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Bulan Bahasa, UGM Gelar 4 Jenis Lomba Penulisan

Kompas.com - 08/07/2019, 18:49 WIB
Erwin Hutapea,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia (KMSI) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Gadjah Mada (UGM) mengadakan rangkaian lomba penulisan dalam rangka menyambut Bulan Bahasa 2019 yang diperingati setiap bulan Oktober.

Seperti dipublikasikan di laman resminya, lomba ini terdiri dari empat jenis, yaitu Lomba Cipta Puisi, Lomba Cipta Cerpen, Lomba Penulisan Esai, dan Lomba Penulisan Feature.

Tema diambil dalam Bulan Bahasa tahun ini adalah "Sastra Perjalanan".

"Kami mengambil tema tersebut karena salah satu hal yang paling dapat menginspirasi seorang sastrawan adalah lingkungan di sekitarnya. Dalam perjalanan yang ditempuh setiap orang, pasti ada kenangan dan makna yang dapat dibagikan lewat karya sastra," ujar Clarissa, salah satu narahubung lomba itu, kepada Kompas.com, Jumat (5/7/2019).

Baca juga: Beasiswa 13 Prodi S2 UGM untuk PTN/PTS Seluruh Indonesia

Lomba tersebut telah dibuka pada 1 Juli 2019 sampai 12 Oktober 2019 pukul 23.59 WIB. Peserta yang bisa berpartisipasi yaitu orang umum dan tidak dibatasi usia.

Ketentuan lomba

1. Terkait persyaratan, disebutkan karya yang dikirimkan tidak menyinggung dan menghina tentang suku, agama, ras, dan antar-golongan (SARA). Karya itu juga merupakan hasil karya sendiri dan bukan plagiarisme.

2. Jika ada karya yang merupakan plagiarisme dan sudah dipublikasikan di media cetak atau online bukan menjadi tanggung jawab panitia dan akan didiskualifikasi.

3. Karya atau naskah dikirimkan ke lomba itu juga tidak sedang diikutsertakan dalam lomba lain, dan peserta boleh mengirim lebih dari satu karya.

4. Adapun hak publikasi setiap karya akan menjadi milik panitia dan keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.

5. Hasil pemenang lomba tersebut akan diumumkan 11 November 2019 di media sosial dan bersamaan dengan Malam Puncak Bulan Bahasa UGM 2019 yang digelar di The Concert Hall, Taman Budaya Yogyakarta.

6. Mengenai teknis penulisan, beberapa syarat khusus yang diberlakukan yaitu naskah diketik menggunakan MS Word, menggunakan kertas A4, jenis huruf Times New Roman 12, spasi 1,5, dan tidak diizinkan mencantumkan identitas dalam naskah.

Cara mendaftar  

Mengenai cara pendaftaran, peserta bisa melakukannya secara daring (online) dan luring (offline), antara lain sebagai berikut:

1. Daring (online)

  • Peserta wajib mengisi formulir pendaftaran daring (online) melalui tautan http://ugm.id/formlombabb19.
  • Peserta membayar biaya pendaftaran lomba sebesar Rp35.000 setiap naskahnya.
  • Peserta membayar biaya pendaftaran dengan transfer melalui salah satu rekening yang tertera.
  • Peserta wajib melakukan pembayaran maksimal 3×24 jam dari waktu pendaftaran dan melakukan konfirmasi pembayaran kepada narahubung yang tertera di bawah setelah melakukan pembayaran.
  • Peserta mengirim berkas dan kelengkapan lomba sesuai jenis lomba yang diikuti.
  • Peserta mengirim berkas dan kelengkapan lomba melalui e-mail dengan melampirkan 4 dokumen dalam format word sebagai berikut: Naskah, Fotokopi atau scan identitas diri berupa Kartu Mahasiswa/SIM/KTP, Fotokopi atau scan bukti pembayaran pendaftaran, Biodata diri sesuai dengan format yang diberikan pada tautan http://ugm.id/biodatapesertabb19

2. Luring (offline)

  • Peserta dapat mendatangi stan Bulan Bahasa 2019 (info pembukaan stan akan diberikan lebih lanjut) secara langsung atau membuat janji dengan narahubung masing-masing.
  • Peserta mengisi formulir pendaftaran lomba yang diberikan panitia.
  • Peserta membayar biaya pendaftaran lomba secara tunai sebesar Rp 35.000 setiap naskahnya secara langsung di stan.
  • Peserta diharapkan membawa berkas dan kelengkapan lomba sebanyak 2 dokumen dengan rincian sebagai berikut: Naskah, Fotokopi identitas diri berupa Kartu Mahasiswa/SIM/KTP.

Informasi lengkap mengenai syarat umum, syarat khusus, cara pendaftaran secara daring dan luring, nomor rekening untuk membayar pendaftaran, informasi narahubung, hadiah pemenang lomba, dan lain-lain, bisa diketahui langsung melalui http://kmsi.fib.ugm.ac.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com