Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengumuman SBMPTN 2019, Lulus SBMPTN Harus Lakukan 3 Hal Ini

Kompas.com - 09/07/2019, 15:47 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Tahun ini, jumlah peserta dinyatakan lulus Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri pada 85 perguruan tinggi negeri (PTN) se-Indonesia tercatat sebanyak 168.742 peserta.

Jumlah peserta yang dinyatakan lulus tersebut merupakan hasil seleksi dari pendaftar SBMPTN 2019 sebanyak 714.652 peserta. Dari peserta yang dinyatakan lulus tersebut, terdapat 119.777 peserta non-Bidikmisi dan 48.965 peserta pemohon Bidikmisi.

Hal ini disampaikan Menristekdikti Mohamad Nasir didampingi Ketua LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) Prof. Ravik Karsidi dalam konferesni pers "Penetapan Hasil SBMPTN 2019" di Gedung Kemenristekdikti, Jakarta (9/7/2019).

Pengumuman SBMPTN diumumkan secara online pada hari ini Selasa, 9 Juli 2019 pukul 15.00 WIB. 

Alternatif tautan

Meski telah melakukan langkah antisipasi, untuk menghindari lambannya akses akibat terlalu besarnya beban jaringan Ketua LTMPT Prof. Ravik Karsidi mengimbau para "Pejuang SBMPTN" mengakses tautan alternatif pengumuman SBMPTN 2019.

Baca juga: 10 Universitas Negeri dengan Peminat Terbanyak di SBMPTN 2019

Selain laman resmi melalui https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id, "Pejuang SBMPTN" dapat mengetahui hasil SBMPTN melalui 12 tautan alternatif berikut:

  1. https://sbmptn.ui.ac.id
  2. https://sbmptn.undip.ac.id
  3. https://sbmptn.ugm.ac.id
  4. https://sbmptn.unair.ac.id
  5. https://sbmptn.unsri.ac.id
  6. https://sbmptn.untan.ac.id
  7. https://sbmptn.itb.ac.id
  8. https://sbmptn.its.ac.id
  9. https://sbmptn.ipb.ac.id
  10. https://sbmptn.unand.ac.id
  11. https://sbmptn.unhas.ac.id
  12. https://sbmptn.unsyiah.ac.id

Daftar ulang

Bagi peserta lulus SBMPTN tahun ini, Ketua LTMPT mengingatkan untuk melakukan daftar ulang di program studi PTN masing-masing.

"Setiap PTN memiliki jadwal daftar ulang berbeda-beda, sehingga harus diperhatikan calon mahasiswa yang lulus SBMPTN harus memperhatikan jadwalnya," kata Prof. Ravik mengingatkan.

Berikut 3 tahapan harus dilalui bagi peserta yang dinyatakan lulus SBMPTN 2019:

1. Peserta lulus SBMPTN 2019 wajib hadir pada saat registrasi (daftar ulang) pada waktu dan tempat sesuai dengan ketentuan masing-masing PTN (lihat pengumuman di laman PTN tujuan).

2. Kehadiran pada saat registrasi menentukan proses status penerimaan peserta SBMPTN 2019 sebagai mahasiswa di PTN tujuan.

3. Peserta yang dinyatakan Lulus SBMPTN 2019 akan dinyatakan diterima di PTN yang bersangkutan dengan syarat memenuhi ketentuan yang dapat dilihat di laman PTN tujuan.

Bagi peserta pemohon Bidikmisi yang telah dinyatakan Lulus SBMPTN 2019, status perolehan beasiswanya masih memerlukan proses verifikasi oleh PTN tujuan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com