Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jurusan Ini Banyak Dibutuhkan di Dunia Kerja Masa Depan

Kompas.com - 16/07/2019, 13:44 WIB
Erwin Hutapea,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia telah membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun akademik 2019/2020. Bahkan 85 perguruan tinggi negeri telah mengumumkan mahasiswa yang diterima melalui SBMPTN 2019.

Calon mahasiswa bisa bebas memilih program studi atau jurusan apa yang diminati sesuai bakat dan kemampuan masing-masing. Ada calon mahasiswa yang masih berpegang pada idealismenya untuk memilih jurusan sesuai kemampuan dan minatnya.

Namun, ada pula yang berpikir bahwa tidak selamanya ia harus memilih dengan cara itu, tetapi juga memikirkan jurusan yang lulusannya akan dibutuhkan dan memiliki prospek cerah di dunia kerja pada masa mendatang.

Karena dibutuhkan, tentunya hasil yang akan didapat dari pekerjaan itu cukup menarik, misalnya gaji, tunjangan, fasilitas, dan jenjang karier.

Tidak perlu khawatir bagi kita yang saat ini masih bingung mempertimbangkan jurusan yang akan dipilih. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut 5 jurusan yang diperkirakan akan dibutuhkan kehadirannya dalam memasuki dunia kerja profesional:

1. Jurusan teknologi dan informasi (TI)

Dalam perkembangan zaman yang semakin canggih ini, penggunaan teknologi digital semakin banyak dimanfaatkan pada berbagai peralatan yang dibutuhkan manusia di berbagai bidang, misalnya kesehatan, pendidikan, olahraga, dan hiburan.

Baca juga: Gelar Sarjana Bukan Syarat Mutlak untuk Mendapatkan Pekerjaan Impian

Maka dari itu, dibutuhkan orang-orang yang mampu menciptakan teknologi tersebut sehingga memudahkan aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari. Di sinilah perlunya kehadiran para lulusan jurusan teknologi dan informasi.

Mereka diharapkan bisa merancang dan memproduksi peralatan dan aplikasi berbasis digital untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia yang semakin beragam.

Berikut ini beberapa profesi yang dihasilkan dari jurusan tersebut, contohnya software developer, system analyst, network engineer, konsultan TI, ahli digital forensik, pengembang aplikasi mobile dan situs web, serta perencana sistem kecerdasan buatan.

2. Jurusan matematika dan statistika

Jangan salah duga, jurusan matematika dan statistika bukan hanya menghasilkan lulusan yang bisanya cuma menghitung tabel, diagram, dan grafik. Banyak profesi yang berhubungan dengan jurusan itu.

Ada lulusan yang bisa menjadi guru, dosen, dan peneliti. Ada juga yang menjadi ahli statistika yang berperan dalam mengembangkan bisnis perusahaan, aktuaris di perusahaan asuransi dan investasi, analis keuangan, dan akuntan.

3. Jurusan farmasi

Banyak orang yang beranggapan bahwa kesehatan itu mahal, terutama bagi mereka yang sudah merasakan sakit parah yang membutuhkan banyak biaya. Maka dari itu, dibutuhkan lulusan dari jurusan farmasi yang mampu meramu obat-obatan untuk menunjang dunia kesehatan, selain jurusan kedokteran.  

Sampai saat ini hingga bertahun-tahun ke depan, diprediksi lulusan farmasi terus dibutuhkan seiring dengan banyaknya penemuan penyakit baru sehingga diperlukan juga obat-obatan baru yang bisa menyembuhkan sakit itu.

Sejumlah profesi yang cocok bagi lulusan dari jurusan farmasi yaitu apoteker, guru, dosen, lembaga pemerintahan, peneliti, serta pekerja di rumah sakit dan laboratorium.

4. Jurusan desain komunikasi visual

Kehadiran media visual semakin terasa dalam kehidupan sehari-hari, misalnya iklan di televisi, koran, majalah, dan baliho. Seiring perubahan zaman, visualisasi juga banyak terlihat di media online dan media sosial.  

Untuk itu, lulusan dari jurusan desain komunikasi visual semakin dibutuhkan sesuai perkembangan dunia komunikasi modern belakangan ini.

Beberapa profesi yang bisa dihasilkan dari jurusan itu misalnyagraphic designer, visual designer, web designer, ilustrator, creative director, dan art director.

5. Jurusan ilmu komunikasi

Dunia komunikasi terus berkembang dan peredaran informasi berlangsung semakin cepat sehingga dibutuhkan lebih banyak lagi lulusan dari jurusan ilmu komunikasi yang bisa mengatur sistem komunikasi dan informasi agar berjalan lebih efektif dan efisien.

Sejumlah profesi yang dibutuhkan pada masa mendatang terkait jurusan ini antara lain jurnalis, presenter, master of ceremony (MC), public relations officer atau hubungan masyarakat, event organizer, praktisi periklanan, dan marketing communications.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com