Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/07/2019, 17:47 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (Vokasi UI) meluncurkan Program Pelatihan Jarak Jauh Bersertifikat pada Dies Natalis ke -11 yang digelar Senin, 22 Juli 2019 di Auditorium Vokasi UI, kampus Depok.

Program kolaborasi Vokasi UI dan Universitas Terbuka (UT) ini diciptakan untuk memperluas jaringan pelatihan keahlian dengan sertifikat kompetensi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Darmin Nasution hadir memberikan sambutan diikuti orasi ilmiah Rektor UT Prof. Ojat Darojat yang membawakan tema “Pendidikan Jarak Jauh: Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Pemerataan dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia.”

Dalam Sambutannya, Menteri Darmin Nasution mengatakan, “Saya meyakini bahwa dengan kolaborasi antara UI sebagai penyelenggara pendidikan terbaik dan UT sebagai penyelenggara pendidikan online terbaik, program ini dapat memberikan kontribusi yang penting terhadap peningkatan kualitas SDM di Indonesia utamanya pada daerah pelosok.

Baca juga: Kompetensi Jadi Kunci Penguatan Pendidikan Tinggi Vokasi

 

Darmin mengharapkan program Pelatihan Online Bersertifikat ini dapat lebih diperluas sehingga dapat mewujudkan pemerataan pendidikan dan pelatihan vokasi ke seluruh Indonesia.

Wujudkan kompetensi vokasional

Lebih lanjut, Direktur Program Pendidikan Vokasi UI, Prof. Sigit P. Hadiwardoyo menjelaskan program Pelatihan Jarak Jauh Bersertifikat ini merupakan jalan cepat dalam mewujudkan pengakuan kompetensi vokasional masyarakat dengan Sertifikasi Kompetensi.

“Pada hari ini kita menyaksikan peluncuran program Pelatihan Jarak Jauh Bersertifikat yg merupakan program kerjasama UI dan UT yang telah diketahui masyarakat luas sebagai perguruan tinggi terkemuka yg memiliki keunggulannya masing-masing” ujar Sigit.

Penyelenggaraan Pelatihan Jarak Jauh Bersertifikat ini upaya merespon tuntutan teknologi informasi yang melaju dengan cepat dan pasti sehingga mendorong percepatan perubahan khususnya di bidang pendidikan dan pelatihan.

Sigit menjelaskan Program Pelatihan Jarak Jauh Bersertifikat ini akan dapat diikuti peserta tanpa dibatasi waktu dan tempat karena peseta pelatihan dapat mengikuti kegiatan mandiri dimana saja dan dapat mengikuti ujian kompetensi tanpa harus terkendala oleh waktu dan tempat.

3 alasan integrasi TIK

 

“Program ini tidak terbatas untuk mahasiswa Vokasi UI, tetapi dapat diikuti seluruh masyarakat Indonesia. Ini salah satu cara memangkas birokrasi dalam menciptajan Sertifikasi Pelatihan melalui pemanfaatan teknologi infirmasi. Diharapkan program ini akan mempercepat proses peningkatan pengakuan kompetensi tenaga kerja Indonesia yg memiliki standar, diakui industri yg diwujudkan melalui sertifikasi.” Ujar Sigit.

Sedangkan pada orasi ilmiah yang disampaikan, Rektor UT Prof. Ojat mengatakan pentingnya mengintegrasikan TIK dalam penyelenggaraan pendidikan masa kini didasarkan pada tiga pemikiran sebagai berikut:

1. Perluasan daya jangkau dan pemerataan akses pendidikan tinggi.

2. Layanan Pendidikan secara digital dengan moda online learning diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada para peserta didik dan dosen/tutor untuk berinteraksi secara lebih terbuka dan leluasa,

3. Teknologi digital dan layanan online learning diharapkan mampu meningkatkan dan memperkokoh partisipasi mahasiswa dalam proses pembelajaran (strengthen student engagement).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com