Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompetensi Jadi Kunci Penguatan Pendidikan Tinggi Vokasi

Kompas.com - 18/07/2019, 20:32 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Presiden terpilih pada Pilpres 2019, Joko Widodo (Jokowi) mengangkat tema pendidikan vokasi sebagai isu penting peningkatan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia dalam periode ke-2 pemerintahnya. 

Dalam pidato pertamanya di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor, Minggu (14/7/2019) malam. Jokowi mengatakan beberapa tahapan besar yang akan dia lakukan bersama wakil presiden terpilih Ma'ruf Amin membuat Indonesia lebih produktif, memiliki daya saing, dan fleksibilitas tinggi dalam menghadapi perubahan di dunia.

Pendidikan vokasi menjadi satu hal yang disampaikannya mengenai pembangunan sumber daya manusia (SDM), antara lain melakukan peningkatan kualitas pendidikan dengan mementingkan pelatihan dan sekolah vokasi.

“Kualitas pendidikannya juga akan terus kita tingkatkan. Bisa dipastikan pentingnya vocational training, pentingnya vocational school,” ujar Jokowi dalam pidatonya.

Kata kunci: kompetensi

Menjawab ajakan pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan vokasi, Managing Director Sinar Mas, G. Sulistiyanto menyebut perlunya keterlibatan pemerintah dan dunia usaha dalam penguatan pendidikan vokasi.

Baca juga: Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Jokowi Angkat 4 Isu Besar

"Sangat penting pendidikan vokasi ini karena saat ini belum ada link and match-nya. Kebutuhan dunia usaha sebagai demand-nya dengan pendidikan tinggi sebagai supply-nya tidak sama," ungkap Sulistiyanto di sela-sela "Seminar Revitalitasi Pendidikan Tinggi Vokasi" yang digelar di Universitas Prasetiya Mulya, Jakarta (17/7/2019).

Melalui pendidikan vokasi ini, lanjut Sulistiyanto, dunia usaha dapat membangun lembaga pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan industri.

"Seperti kerjasama dengan Swiss, kami melakukan kerja sama untuk (pendidikan vokasi) batu bara dan sawit. Kami mendatangkan dosen dari luar untuk melatih dan mendidik sehingga lulusannya nanti tidak hanya mendapatkan ijazah kelulusan namun juga sertifikat kompetensi. Kompetensi di sini yang penting menjadi kata kuncinya" jelasnya.

Darurat kebutuhan SDM Vokasi

Senelumnya, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Rosan Perkasa Roeslani mengungkapkan di Indonesia masih banyak membutuhkan SDM vokasi unggul yang memiliki kompetensi dan sertifikasi profesi.

"Kalau kita lihat struktur dari sumber daya manusia kita dari para tenaga kerja kita, ternyata cukup mengkhawatirkan. Total tenaga kerja kita dari data Kementerian Tenaga Kerja, ada 130 juta orang, dimana 40 persen latar belakang pendidikannya sekolah dasar," jelas Ketua KADIN.

Roeslan melanjutkan, "Sebanyak 18 persen berasal dari SMP dan hanya 12 - 13 persen mempunyai latar belakang diploma atau universitas. Kalau dilihat struktur tenaga kerja kita seperti ini, bagaimana kita punya tenaga kerja yang produktif, yang beradaptasi secara cepat dan bisa mendorong competitiveness kita?"

Hal senada juga disampaikan Muliaman Darmansyah Hadad (Duta Besar Republik Indonesia untuk Swiss merangkap Liechtenstein). Ia mengatakan masalah pendidikan vokasi yang kurang diminati industri dan masyarakat, dihadapi tidak hanya di Indonesia, tapi negara lainnya.

"Bukan cuma di negara kita, setelah saya check perkembangan di beberapa negara, ini juga menjadi second option, pendidikan vokasi ini. Ini kita harus ubah mindset ini," ujarnya.

Terkait "link and match"

"Saya kira industri juga kadang-kadang enggan untuk mempekerjakan lulusan-lulusannya (pendidikan vokasi), tidak tahu saya, tapi dugaan saya ini terkait link and match issues, apa yang dipelajari dan apa yang dibutuhkan kadang-kadang tidak pas," tambah Muliaman.

Menggandeng Kemenristekdikti, Kedutaan Besar RI di Bern, Kamar Dagang dan Industri Indonesia, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Eka Tjipta Foundation (ETF), Institut Teknologi dan Sains Bandung (ITSB), Politeknik Sinar Mas Berau (Poltek Simas Berau) bersama Univesitas Prasetiya Mulya serta beberapa perusahaan lain, Sulistiyanto menyampaikan pihaknya berupaya model pendidikan dual vocational education and training yang lazim disebut dual system dapat dipahami lebih mendalam, dan kemudian direplikasi pada sejumlah lembaga pendidikan vokasi Indonesia yang telah dan akan berdiri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com