Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendorong Lahirnya Wirausaha Muda lewat Kompetisi Perusahaan Siswa

Kompas.com - 13/08/2019, 20:52 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Global Entrepreneurship Index (GEI) 2018 lewat riset yang mengukur kualitas dan dinamika ekosistem kewirausahaan suatu negara, menempatkan Indonesia di posisi ke-94 dari 137 negara di dunia.

Sementara, negeri tetangga; Thailand, Malaysia, terlebih Singapura, jauh berperingkat lebih tinggi. Laporan tersebut secara rinci mengindikasikan pengetahuan dan keterampilan masyarakat Indonesia untuk memulai bisnis masih tergolong rendah.

Hal ini tampak dari indikator Startup Skills yang hanya memperoleh skor 29 persen dan Human Capital 16 persen. 

Inilah yang mendorong Prestasi Junior Indonesia mengimplementasikan program Student Company (SC) dan menggagas "Indonesia Student Company Competition (ISCC) 2019" di Jakarta (10/8/2019).

"Program ini merupakan pemberdayaan generasi muda melalui peningkatan kemampuan serta keterampilan berwirausaha,” ujar Chairman of the National Board Prestasi Junior Indonesia, Siddharta Moersjid.

Dorong wirausaha muda

Pada penyelenggaraan kesepuluh ini, ISCC 2019 telah berhasil menjaring sepuluh perusahaan siswa (Student Company-SC) dari SMA/SMK berbagai wilayah Indonesia. Pemenang berkesempatan mewakili Indonesia di kejuaraan bisnis level Asia Pasifik di Guam pada Maret 2020 mendatang. 

Baca juga: Bisnis Belum Juga Berkembang? Ini yang Bisa Dilakukan Wirausaha Muda

Siddharta menyampaikan pihaknya secara aktif membina pelajar SMA/SMK membangun ide bisnis dan mengelola usaha mikro di sekolah. Harapannya, pelajar sebagai representasi generasi muda Indonesia bisa mengasah pengalaman dan termotivasi untuk terus berkiprah sebagai wirausaha.

"Dengan demikian, semangat entrepreneurship akan terus tertularkan dan menginspirasi kalangan muda lainnya sehingga secara berkesinambungan turut berkontribusi membangun ekosistem kewirausahaan di Indonesia,” lanjutnya.

Tahun ini, PJI memperluas wilayah jangkauan penyeleksian sekolah hingga luar Jawa dan Bali. Setelah melalui proses pembinaan selama November 2018-Juli 2019, perwakilan tim sekolah yang terseleksi akan mempresentasikan keunggulan serta pencapaian bisnis mereka di hadapan para juri.

10 finalis perusahaan siswa

Kesepuluh finalis yang masuk dalam penyisihan meliputi:

  1. SMK Kartini Batam
  2. SMKN 3 Buduran Sidoarjo
  3. SMA Muhammadiyah Cileungsi
  4. SMAN 10 Bandung
  5. SMAN 2 Denpasar
  6. SMAN 1 Tuban
  7. SMKN 27 Jakarta
  8. SMAN 81 Jakarta
  9. SMAN 3 Semarang
  10. SMA Plus Pembangunan Jaya (Meromi SC).

Masing-masing sekolah telah menerima dukungan dari sejumlah perusahaan yang terlibat sebagai mitra sponsor program, antara lain Citi Indonesia (Citibank), Caterpillar Foundation, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), PT AIG Insurance Indonesia (AIG Indonesia) dan Yayasan Pendidikan Jaya.

Pembelajaran langsung bisnis 

ISCC 2019 dan program perusahaan siswa (JA Student Company) menerapkan metode implementasi terkini dengan melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran bisnis aplikatif yang menempatkan mereka pada posisi strategis dalam pelaksanaan bisnis, sekaligus sebagai pengambil keputusan dan pemecah masalah.

Program JA Student Company diadopsi dari Junior Achievement Worldwide di Boston, Amerika Serikat, bertujuan meningkatkan kompetensi dan daya saing generasi muda dalam berwirausaha, serta menciptakan perbaikan ekonomi bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, dan bangsa Indonesia.

Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N. Makki mengungkapkan, “Di Indonesia, kegiatan sosial kemasyarakatan Citi Indonesia berfokus pada pemberdayaan generasi muda, dalam hal edukasi dan literasi keuangan serta memberikan pengetahuan mengenai dasar-dasar kewirausahaan."

"Peran generasi muda untuk masa depan perekonomian Indonesia sangatlah penting. Karenanya, kami percaya melalui mentoring, peningkatan pengetahuan dan kompetensi kalangan muda secara berkelanjutan, salah satunya lewat inisiatif Student Company, dapat membantu pertumbuhan wirausahawan muda di Indonesia," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com