Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapkan Masa Depan Siswa, SMA Kanisius Gelar "Canisius Education Fair"

Kompas.com - 16/09/2019, 17:04 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

 

KOMPAS.comSekolah SMA Kolese Kanisius Jakarta menggelar "Pameran Pendidikan Kanisius" atau "Canisius Education Fair 2019", yang berlangsung tanggal 14-15 September 2019 di Jakarta.

Memasuki penyelenggaran ke-19, "Canisius Education Fair 2019" berhasil menarik minat lebih dari 5.000 pengunjung terdiri dari orangtua, siswa dari berbagai sekolah se-Jabodetabek, serta masyarakat umum.

Tahun ini, "Canisius Education Fair" mengangkat tema "Be The Visionary Leaders".

Kepala Sekolah SMA Kolese Kanisius Jakarta, Pater Eduard C. Ratu Dopo SJ menyatakan, "Tema ini diangkat karena sangat relevan dengan kondisi saat ini, dimana tantangan persaingan ke depan semakin ketat sehingga para siswa harus dipersiapkan untuk menghadapi tantangan revolusi industri 4.0."

Siapkan pemimpin masa depan

Pater Edu menyampaikan pihaknya berupaya menyiapkan para siswa yang akan menyelesaikan pendidikan di Kolese Kanisius menjadi pemimpin masa depan yang mampu menghadapi tantangan revolusi industri 4.0 sekaligus juga memiliki rasa cinta terhadap tanah air dan bangsa.

Baca juga: Pameran Pendidikan Internasional Terbesar di Indonesia Hadir Kembali di 3 Kota

Menurut Pater Edu, pelaksanaan Canisius Education Fair 2019 ini merupakan momen sangat strategis menanamkan kepada para siswa hal-hal yang bukan hanya relevan pada saat ini, tetapi juga untuk masa yang akan datang.

Siswa diharapkan mampu bertransformatif menjadi calon pemimpin masa depan yang visioner dan membawa harapan bagi bangsa dan negaranya. 

Melalui kegiatan ini, Kepala Sekolah SMA Kolese Kanisius Jakartajuga berharap, setiap siswa/i bisa mendapatkan berbagai informasi lebih mendalam mengenai perguruan tinggi yang mereka inginkan.

Adanya informasi yang jelas, jujur dan terbuka, akan sangat membantu para peserta didik dan orangtua siswa dalam menentukan pilihan studi lanjutan yang tepat. "Dengan menentukan pilihan studi yang tepat, peserta didik dapat mengembangkan potensinya seoptimal mungkin sehingga akan mampu menghadapi tantangan revolusi industri 4.0," jelas Pater Edu.

Penerimaan siswa baru

Presentasi dari Kedutaan Inggris, oleh Mr. Rob Fenn as Deputy Head of Mission, British Embassy for Indonesia and Timor Leste. DOK. SMA KANISIUS Presentasi dari Kedutaan Inggris, oleh Mr. Rob Fenn as Deputy Head of Mission, British Embassy for Indonesia and Timor Leste.

Pameran Pendidikan Kanisius tahun ini diikuti lebih dari 70 perguruan tinggi berakreditasi baik dan institusi pendidikan berkualitas, dari dalam dan luar negeri, perwakilan Kedutaan negara-negara sahabat serta perwakilan lembaga pendidikan luar negeri.

Selain pameran, kegiatan lain juga diadakan antara lain, seminar pendidikan, presentasi perguruan tinggi dan jurusan, serta presentasi program pendidikan dan beasiswa dari kedutaan negara-negara sahabat.

Dalam kesempatan ini juga digelar presentasi informasi tentang SMA Kolese Kanisius Jakarta dan informasi Penerimaan Siswa Baru 2020/2021 baik untuk jalur beasiswa, jalur prestasi maupun jalur reguler.

Peserta  pameran perguruan tinggi dan institusi pendidikan luar negeri antara lain diisi; University of Melbourne, Lasalle College of the Arts Singapore, National University of Singapore, University of Toronto, Digital Hollywood University Tokyo, The University of British Columbia, Leiden University Belanda, Nanyang Technological University, Campus Spain dan masih banyak lainnya.

Pendidikan dalam dan luar negeri

Konferensi Pers Canisius Education Fair 2019 (ki-ka duduk : Henrikus Suparjono, Ketua Panitia Canisius Education Fair 2019, Pater Eduard C. Ratu Dopo SJ, Kepala Sekolah SMA Kanisius Jakarta, Juanito Tiwow, Ketua Panitia dari orangtua siswa) didampingi 8 anak perwakilan tarian nusantara.DOK. SMA KANISIUS Konferensi Pers Canisius Education Fair 2019 (ki-ka duduk : Henrikus Suparjono, Ketua Panitia Canisius Education Fair 2019, Pater Eduard C. Ratu Dopo SJ, Kepala Sekolah SMA Kanisius Jakarta, Juanito Tiwow, Ketua Panitia dari orangtua siswa) didampingi 8 anak perwakilan tarian nusantara.

Peserta pameran dari perguruan tinggi dalam negeri akan diisi antara lain oleh Universitas Indonesia, Universitas Airlangga Surabaya, Universitas Prasetiya Mulya, Universitas Katolik Parahyangan Bandung, Universitas Tarumanagara, Universitas Multimedia Nusantara, Akademi Teknik Mesin Industri Cikarang, Binus University dan lain-lain.

Sedangkan peserta dari perwakilan lembaga pendidikan negara datang dari Education in Ireland, Kedutaan Besar Jepang bagian pendidikan dan JASSO, Uni Italia mewakili Italia, British Council mewakili United Kingdom, DAAD mewakili Jerman, Canada Educational International mewakili Canada, Nuffic Neso mewakili Belanda, Australian Trade Commission mewakili Australia, Education USA mewakili Amerika, IFI – Campus France mewakili Perancis dan Study in Taiwan mewakili Taiwan.

Sementara itu, acara Seminar Pendidikan yang digelar untuk memberikan pencerahan kepada peserta didik, kepala sekolah, guru dan praktisi pendidikan dalam menyongsong era digital, menghadirkan narasumber: Prof. Ainun Naím (Sekjen Kemenristekdikti), Firdaus Alamsjah, (Director Binus Creates, Univ. Binus) dan Elisabeth Rukmini (Wakil Rektor IV Bid. Pengembangan dan Strategic Planning Unika Atma Jaya). Acara seminar pendidikan dimoderatori news anchor Kompas TV, Nitia Anisa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com