Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sabet Rekor Muri, Dosen Ini Punya 13 Gelar Magister

Kompas.com - 03/10/2019, 20:36 WIB
Erwin Hutapea,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sudah banyak diketahui bahwa pada umumnya orang yang berprofesi sebagai akademisi dituntut telah menempuh pendidikan sampai jenjang yang setinggi-tingginya sehingga bisa memiliki beberapa gelar.

Namun, jumlah gelar didapat dosen yang satu ini beda dari yang biasa. Namanya Yenita, dia adalah seorang dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tarumanagara (Untar), Jakarta, yang menyandang 13 gelar magister sekaligus.

Jika ditulis lengkap, nama dan gelar yang disandangnya yaitu Dr, Dr, Yenita SE, MM, MBA, MSi, MT, MH, MPd, MAk ME, MIkom, dan MMSI.

Begitu banyaknya gelar itu membuat dia meraih penghargaan dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (Muri) atas rekor Perempuan dengan Gelar Magister Terbanyak.

Kualitas hidup lewat pendidikan

Penyerahan penghargaan rekor Muri itu dilakukan dalam acara Dies Natalis ke-60 Untar di Auditorium Untar, Kampus Grogol, Jakarta Barat, Kamis (3/10/2019) dan dihadiri segenap sivitas akademika.

Baca juga: Apresiasi Rektor dan Dosen Berdedikasi, Kemenristekdikti Gelar Academic Leader Award 2019

Pemberian penghargaan itu dilakukan Wakil Direktur Muri Osmar Semesta Susilo kepada Yenita dan disaksikan Rektor Untar Prof. Agustinus Purna Irawan.

Yenita mengatakan, gelar pertama diperolehnya yaitu Sarjana Ekonomi pada tahun 2002. Karena ketertarikannya pada dunia pendidikan dan kemauan meningkatkan kualitas hidup, maka dia terus melanjutkan kuliah sampai akhirnya mengumpulkan 13 gelar tersebut.

"Saya menikmatinya dan merasa (kuliah) itu bukan suatu beban. Karena kalau kita ingin maju, maka harus meningkatkan kualitas hidup lewat pendidikan," ucap Yenita saat ditemui seusai menerima penghargaan Muri di Kampus Untar, Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Untar karena memberikan kesempatan untuk mengajar sebagai dosen sambil menjalani kuliah magister hingga bergelar sebanyak itu.

Lintas jurusan dan kampus

Mengenai pembagian waktu antara bekerja sebagai dosen sembari kuliah, Yenita mengaku melakukannya secara bersamaan dalam hari kerja dan akhir pekan.

Itulah yang membuat dia bisa menyabet sejumlah gelar dalam beberapa tahun terakhir.

"Hari biasa saya kuliah S2 paralel, weekend kuliah S2 yang lain biar cepat. Rata-rata saya menjalaninya dalam waktu bersamaan, tapi beda jurusan dan kampus," imbuhnya.

Dari 13 gelar yang diraihnya itu, terdapat berbagai bidang ilmu sesuai minat dan kemampuannya, yaitu ekonomi, hukum bisnis, manajemen, administrasi bisnis, teknik industri, hukum, pendidikan, akuntansi, komunikasi, dan sains.

Perguruan tinggi tempat dia memperoleh gelar itu juga berbeda-beda. Ada yang dari Universitas Tarumanagara, Universitas Pelita Harapan, University of Western Australia, Universitas Trisakti, Universitas Mercubuana, dan Universitas Bina Nusantara.

"Ada beragam bidang ilmu karena aku senang belajar banyak hal dan ilmu pengetahuan itu penting. Ke depan kita bisa memperluas wawasan, dan masing-masing ilmu ada benang merahnya satu sama lain," ujar Yenita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com