Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
DQLab
Komunitas data scientist

Komunitas praktisi dan industri dalam program belajar data science oleh DQLab (dqlab.id).

Ingin Jadi Data Scientist Incaran Perusahaan? Ini 4 Tips yang Telah Terbukti

Kompas.com - 23/10/2019, 20:08 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

KOMPAS.com - Kalau kamu mencari bagaimana caranya agar dapat dengan cepat direkrut perusahaan sebagai Data Scientist, sudah banyak artikel memberikan informasi mengenai tips apa saja yang harus dimiliki.

Namun, apakah tips-tips tersebut terbukti benar?

DQLab.id, sebuah program belajar data science online berbahasa Indonesia dan menggunakan real case project yang diinisiasi Universitas Multimedia Nusantara dan PHI-Integration membuat survei dari empat orang Data Scientist yang terbukti langsung direkrut perusahaan besar sebagai Data Scientist, Data Engineer, dan Data Analyst.

1. Memiliki Portofolio Data Sedini Mungkin

Jovan, fresh graduate jurusan Teknik Informatika mengaku bisa langsung direkrut perusahaan internasional karena menguasai skill pengolahan data sejak sebelum lulus kuliah. Ia belajar data science dan analisa data di DQLab dan menjadikannya portofolio saat melamar kerja.

2. Memiliki Sertifikasi Khusus di Bidang Data

Vanessa Stefany, semula bekerja sebagai dosen matematika kini sukses berkarir sebagai data engineer berkat berbagai sertifikat pengolahan data yang dimilikinya. Ia juga mengaku sangat terbantu dengan memiliki pengalaman sebagai asisten trainer pada workshop data yang diperoleh dari DQLab.

3. Memiliki Semangat Self-Development Tinggi

Siti Mahmudah, lulusan fakultas Ekonomi yang semula merasa dirinya tak memiliki skill yang spesifik, berkat kegigihannya belajar data science secara otodidak di DQLab, akhirnya dapat meluluhkan perusahaan besar dan kini telah sukses berkarir sebagai Data Engineer.

4. Aktif Mengikuti Job Connector Program

Suberlin Sinaga, semula merasa terjerat di pekerjaan yang membosankan, kini berhasil menggapai cita-citanya sebagai Data Scientist di Amartha fintech lending karena terbantu dengan adanya Job Connector Program di DQLab yang mempertemukannya dengan berbagai perusahaan pencari talenta data.

Memiliki keempat pengalaman tersebut bukan hal yang mustahil. Terlebih, jika kamu memulainya sesegera mungkin. Kesempatan berkarir di bidang data dan siap direkrut perusahaan besar bisa Anda coba di bulan semangat sumpah pemuda di DQLab.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com