Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/12/2019, 16:41 WIB
Wahyu Adityo Prodjo,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Proses penerimaan mahasiswa baru jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) sudah di depan mata. Buat kamu calon mahasiswa baru perlu mempersiapkan diri baik dalam memilih jurusan kuliah maupun menghadapi UTBK (Ujian Tulis Berbais Komputer).

Nah, adakalanya kamu masih bingung memilih jurusan kuliah. Salah satunya adalah "kegalauan" apakah harus mengambil atau memilih prodi yang  ramai peminat jurusan kuliahnya.

Memilih jurusan ramai peminat tentunya akan menantang karena perlu bersaing dengan ratusan bahkan ribuan pendaftar.

Namun, selain sulit untuk menembus jurusan ramai peminat, ternyata ada juga loh keuntungan jika kamu memilih jurusan kuliah itu.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Ini Cocok untuk Kamu yang Tidak Suka Matematika

Berikut keuntungan yang kamu bisa dapatkan jika memilih jurusan ramai peminat seperti dikutip dari Rencanamu.id:

1. Dianggap unggul berkompetisi

Jika kamu memilih jurusan ramai peminat dan ternyata lulus, kamu akan diangggap mampu berkompetisi dengan banyak orang loh. Kamu akan dianggap memiliki daya juang dan daya saing tinggi serta mental kuat untuk berkompetisi dengan pendaftar dari sekolah lain.

Bayangkan kamu bersaing dengan ribuan hingga puluhan ribu pendaftar untuk memperebutkan puluhan bangku kuliah tersedia. Jika kamu lulus, tentunya kamu akan bangga atas pencapaianmu dan dianggap memiliki kompetensi mumpuni oleh banyak orang.

2. Dianggap pintar

Selain dianggap mampu bersaing dengan pendaftar lainnya, predikat "pintar" tentunya akan disematkan untuk kamu jika berhasil di jurusan yang ramai peminat.

Bila kamu lulus dari SBMPTN, tentunya kamu akan dianggap pintar. Kamu dan pesaing lainnya di SBMPTN tentunya akan mendapatkan soal yang sama dan keberhasilan kamu akan menunjukkan kemampuanmu.

3. Jurusan yang aplikatif

Salah satu alasan kenapa jurusan kuliah banyak diminati pendaftar SBMPTN adalah ilmu yang aplikatif. Ilmu aplikatif adalah ilmu yang bisa langsung diterapkan di dunia sehari-hari atau dunia kerja.

Contoh jurusan yang menawarkan ilmu aplikatif seperti Ilmu Ekonomi, Ilmu Psikologi, Komunikasi, dan lainnya. Begitu kamu lulus dari jurusan tersebut, kamu bisa langsung menerapkan ilmu yang kamu dapatkan di jurusan tersebut.

4. Mudah mendapatkan pekerjaan

Jurusan yang menawarkan ilmu yang aplikatif biasanya akan selalu dicari banyak perusahaan. Biasanya perusahaan akan mencari lulusan kampus untuk menduduki posisi-posisi yang banyak dibutuhkan dalam rangka menjalankan perusahaan.

Itu mengapa jurusan yang ramai peminat karena "mudah" mencari kerja dan banyak dibutuhkan dunia kerja.

5. Memiliki banyak teman

Saat berkuliah di jurusan yang ramai peminat, kamu bisa berpotensi untuk mendapatkan banyak teman. Contoh kasus yang bisa ditemui seperti jurusan yang membuka kelas lebih dari satu dalam satu angkatan kuliah.

Kamu bisa mendapatkan banyak teman di satu jurusan kuliah. Tentunya, hal itu tak bisa kamu dapatkan di jurusan yang sepi peminat.

6. Memiliki pengetahuan dan pemikiran yang luas

Memiliki banyak teman angkatan dalam satu jurusan, kamu akan berkesempatan untuk berdiskusi dengan teman-teman dalam rangka memperluas pengetahuan. Kamu bisa berdiskusi banyak hal seputar kampus, hobi, hingga isu-isu yang penting demi menambah wawasan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com