Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Jalur Masuk Kuliah UI 2020, Lengkap dengan Kuota dan Jadwal

Kompas.com - 15/12/2019, 10:53 WIB
Albertus Adit,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Bagi kamu yang ingin kuliah di Universitas Indonesia (UI), ada baiknya kalau menyimak informasi seputar penerimaan mahasiswa baru (PMB) UI 2020.

Dilansir dari laman https://simak.ui.ac.id/, PMB UI jenjang D3 dan S1 terdiri dari beberapa jalur masuk. Setiap jalur masuk merupakan kegiatan seleksi yang akan menyaring peserta terbaik untuk menjadi mahasiswa UI.

Ini dia penjelasan jalur masuk jenjang D3 dan S1 tahun 2020:

Jalur Masuk UI

A. Jalur Prestasi Akademik

Jalur ini dikenal dengan jalur undangan, mengingat awal mulanya penerimaan ini berdasarkan undangan yang dikirim ke sekolah-sekolah.

Dengan tingginya antusias sekolah dan siswa mengikuti penerimaan berbasis seleksi nilai rapor ini, jalur undangan mengalami perkembangan.

Baca juga: Kampus Hijau Terbaik di Dunia Tahun 2019 Adalah...

Pada S1 Reguler, Kemdikbud melalui Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) membuka kesempatan seluruh sekolah kurikulum nasional mengikuti jalur ini dengan syarat dan ketentuan yang diatur dalam kegiatan bernama Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Penggunaan undangan ditiadakan, karena sekolah yang memiliki NPSN dan memenuhi syarat SNMPTN dapat mengisi data tanpa perlu mendapat undangan.

Program pendidikan di UI yang menampung lulusan SMA/Sederajat tidak hanya S1 Reguler, ada pula Program Vokasi, S1 Paralel dan S1 Kelas Internasional.

Program pendidikan tersebut juga membuka PMB melalui seleksi rapor untuk siswa kelas 12 SMA/Sederajat. Seleksi rapor untuk Program Vokasi dan S1 Paralel disebut program Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar.

Sedangkan seleksi rapor untuk S1 Kelas Internasional adalah Talent Scouting. Skema undangan masih digunakan, yakni mengirim surat pemberitahuan kegiatan pendaftaran ke sekolah-sekolah peserta PPKB dan Talent Scouting.

B. Jalur Ujian Tulis

Bagi siswa yang tidak memenuhi syarat untuk mendaftar jalur prestasi akademik, misalnya tidak masuk pemeringkatan prestasi akademik atau telah lulus tahun sebelumnya, dapat mendaftar di jalur ujian tulis.

Pembatasan tahun lulus SMA/Sederajat hanya berlaku untuk S1 Reguler (maksimal 3 tahun) dan S1 Kelas Internasional (5 tahun). Sedangkan untuk Program Vokasi dan S1 Paralel menerima alumi SMA/Sederajat tanpa batasan tahun lulus SMA/Sederajat.

S1 Reguler tahun 2020 membuka PMB melalui seleksi mandiri SIMAK UI. Seleksi mandiri yang dimaksud disini bukanlah jalur mandiri yang penerimaannya lebih mahal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com