Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
DQLab
Komunitas data scientist

Komunitas praktisi dan industri dalam program belajar data science oleh DQLab (dqlab.id).

Ini Dia 4 Tips untuk Kamu yang Ingin Memulai Karier Data Engineer

Kompas.com - 21/12/2019, 10:35 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

KOMPAS.com - Tahukah kamu? Coding merupakan kegiatan menulis code, di mana hal ini sangatlah penting dalam memahami bahasa pemrograman.

Banyak alasan mulai belajar coding, bagi pemula yang ingin memulai karier sebagai praktisi data. Belajar coding merupakan sesuatu pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, lho!

Bukan hal baru jika kini banyak pekerjaan membutuhkan kemampuan coding, terutama jika ingin terjun menjadi praktisi data. Jangan salah, coding atau pemrograman adalah bahasa masa depan yang akan memberikan banyak peluang.

Tahap awal untuk mulai belajar coding adalah menghadirkan semangat pada diri sendiri dan menentukan target diri selama belajar coding. Dengan demikian, kamu akan terpacu untuk terus dan terus menggali potensi diri guna menjadi praktisi data mumpuni.

“Hal yang membuat saya tetap semangat adalah gimana saya bisa menyelesaikan masalah dan kasi value untuk perusahaan dan komunitas,” ujar Nurtantio Quidar, Data Engineer CT Corp.

Nurtantio juga memberikan beberapa tips bagi kamu yang ingin memulai karier sebagai data engineer.

1. Banyak membaca

Nurtantio menyebut banyak membaca menjadi kunci utama belajar coding. "Memiliki keingintahuan yang tinggi itu merupakan suatu keharusan yang dimiliki seorang praktisi data, salah satunya adalah membaca," ujarnya Nurtantio.

Membaca berbagai medium topik mengenai big data dan juga artikel terkait ilmu sosial dan teknologi. Latihan secara rutin pun menjadi salah satu langkah awal untuk mengukur potensi diri.

“Belajar coding step by step rutin 1 jam gapapa yang penting disiplin ngga perlu buru-buru nikmati belajarnya. Suka ga suka, ingatkan diri sendiri awal mula aku belajar ini karena apa,” jelasnya.

2. Bergabung komunitas

Pentingnya bergabung dengan praktisi data merupakan salah satu cara untuk berinteraksi secara langsung dan berkesempatan mendapatkan feedback dari praktisi data baik praktisi data junior maupun senior.

Dengan bergabungnya kamu dalam suatu komunitas, ini akan menguatkan kamu dan memberikan relasi yang luas antara praktisi data yang satu dengan yang lainnya.

“Bisa juga dengan ikutan komunitas, misalnya Data Scientist Indonesia atau meetup. Itu baik untuk tambahin koneksi,” Tambah Nurtantio.

3. Ikuti kompetisi data

Mengikuti kompetisi data menjadikan diri kamu semakin siap untuk berkarir di bidang data. Dengan memberanikan diri mengikuti kompetisi data, kamu akan memperoleh portofolio yang akan berpengaruh terhadap jenjang karir kamu.

Memahami coding merupakan langkah awal yang baik untuk kamu memulai karier sebagai praktisi data, dan sebagai salah satu cara untuk mengetahui potensi diri sendiri.

“Bisa ikutan datathon atau sejenisnya untuk ukur skill kita udah sejauh mana, nothing to lose aja, spirit kita belajar, kalah biasa, menang luar biasa,” ujar Nurtantio menutup penjelasan.

4. Belajar coding dengan asik

Belajar coding merupakan dasar untuk menjadi seorang praktisi data. Jangan khawatir, DQLab bisa lho membantu kamu untuk siap menjadi praktisi data! DQLab sedang menggelar DQLab Data Champion yang menyediakan kompetisi data terkait Data Engineer, Data Analyst, dan Data Scientist.

Bangun portofolio kamu dan wujudkan mimpi untuk menjadi seorang Data Scientist yang mumpuni di dqlab.id!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com