Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisi-kisi UN 2020 SMK dan MAK: Mapel Matematika

Kompas.com - 07/01/2020, 13:51 WIB
Albertus Adit,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Ingin sukses UN 2020? Maka kamu harus belajar lebih rajin lagi. Khususnya bagi siswa kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK).

Seperti diberitakan sebelumnya, Kompas.com sudah merangkum kisi-kisi UN 2020 SMK/MAK Tahun Pelajaran 2019/2020 mata pelajaran (mapel) Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang sudah ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Kali ini, kisi-kisi UN 2020 untuk mapel Matamatika akan dibahas di bawah ini. Kisi-kisi dari BSNP antara lain:

Baca juga: Kisi-kisi UN 2020 SMK/MAK: Bahasa Indonesia dan Inggris

a. Matematika Teknik

1. Pada level kognitif pengetahuan dan pemahaman, siswa harus mengidentifikasi, menjelaskan, memberi contoh, menghitung, dan membaca.

Lingkup materi

  • Aljabar: siswa dapat memahami dan menguasai konsep; pangkat, bentuk akar, logaritma, sifat dan operasi matriks, sistem persamaan linier dua variabel, persamaan kuadrat, fungsi kuadrat, logika matematika (pernyataan, negasi, pernyataan majemuk, penarikan kesimpulan), barisan dan deret (aritmetika dan geometri), dan program linear.
  • Geometri dan trigonometri: siswa dapat memahami dan menguasai konsep; perbandingan trigonometri, unsur-unsur bangun ruang, hubungan antara unsur bangun ruang, transformasi geometri, koordinat kutub dan katesius.
  • Statistika dan peluang: siswa dapat memahami dan menguasai konsep; penyajian data dalam tabel dan diagram, ukuran pemusatan dan ukuran penyebaran, peluang kejadian, kaidah pencacahan dan frekuensi harapan.
  • Kalkulus: siswa dapat memahami dan menguasai tentang grafik fungsi dan sifat-sifatnya yang meliputi; limit fungsi, turunan fungsi, integral, dan garis singgung.

2. Pada level kognitif aplikasi, siswa harus mengklasifikasi, menyelesaikan masalah, menentukan, menerapkan, memprediksi, dan mengoperasikan.

Lingkup materi

  • Aljabar: siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman dalam; hasil operasi matriks, determinan dan invers matriks, sistem persamaan linier dua variabel, persamaan kuadrat, fungsi kuadrat, arisan dan deret (aritmetika dan geometri), program linear, logika matematika (pernyataan, negasi, pernyataan majemuk, penarikan kesimpulan).
  • Geometri dan trigonometri: siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman dalam; perbandingan trigonometri, aturan sinus, aturan cosinus, dan luas segitiga, transformasi geometri, jarak antar unsur bangun ruang, dan unsur dan persamaan lingkaran.
  • Statistika dan peluang: siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman dalam; ukuran pemusatan dan ukuran penyebaran, aturan pencacahan, peluang kejadian, frekuensi harapan, penyajian data dalam tabel dan diagram.
  • Kalkulus: siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman dalam; limit fungsi, turunan fungsi, integral tak tentu dan integral tentu, selang kemonotonan (fungsi naik dan fungsi turun), dan garis singgung kurva.

3. Pada level kognitif penalaran, siswa harus membandingkan, membedakan, menyeleksi, menganalisis, menyimpulkan, menginterpretasikan, menyusun, mengaktualisasi, dan menerapkan gagasan.

Baca juga: Kisi-kisi UN SMK Lengkap Sudah Bisa Diunduh di Sini

Lingkup materi

  • Aljabar: siswa dapat menggunakan nalar untuk menginterpretasikan; masalah barisan dan deret (aritmetika dan geometri), dan masalah program linear.
  • Geometri dan trigonometri: siswa dapat menggunakan nalar untuk menginterpretasikan masalah trigonometri.
  • Statistika dan peluang: siswa dapat menggunakan nalar untuk menginterpretasikan masalah statistika.
  • Kalkulus: siswa dapat menggunakan nalar untuk menginterpretasikan; masalah turunan, masalah integral tak tentu dan integral tentu.

b. Matematika Akuntansi

1. Pada level kognitif pengetahuan dan pemahaman, siswa harus mengidentifikasi, menghitung, membedakan, menjelaskan, memberi contoh.

Lingkup materi

  • Aljabar: siswa dapat memahami dan menguasai tentang; pangkat, bentuk akar, logaritma, operasi, determinan, dan invers matriks, sistem persamaan dan pertidaksamaan linear 2 variabel, persamaan kuadrat, fungsi kuadrat, logika matematika (pernyataan, negasi, pernyataan majemuk, penarikan kesimpulan), barisan dan deret (aritmetika dan geometri), dan program linear.
  • Geometri: siswa dapat memahami dan menguasai tentang transformasi geometri.
  • Statistika dan peluang: siswa dapat memahami dan menguasai tentang; pengertian statistik, statistika, populasi, dan sampel, penyajian data dalam tabel dan diagram, ukuran pemusatan, ukuran penyebaran, peluang kejadian, kaidah pencacahan, dan frekuensi harapan.

2. Pada level kognitif aplikasi, siswa harus menentukan, menerapkan, mengoperasikan, menyelesaikan masalah, dan mengklasifikasi.

Lingkup materi

  • Aljabar: siswa dapat mengaplikasikan tentang; operasi, determinan, dan invers matriks, sistem persamaan dan pertidaksamaan linear 2 variabel, persamaan kuadrat, fungsi kuadrat, logika matematika(pernyataan, negasi, pernyataam majemuk, penarikan kesimpulan), barisan dan deret (aritmetika dan geometri), dan program linear.
  • Geometri: siswa dapat mengaplikasikan tentang transformasi geometri.
  • Statistika dan peluang: siswa dapat mengaplikasikan tentang; ukuran pemusatan, ukuran penyebaran, peluang kejadian, kaidah pencacahan, dan frekuensi harapan.

3. Pada level kognitif penalaran, siswa harus menganalisis, membandingkan, menerapkan gagasan, mengevaluasi, menyimpulkan, menginterpretasikan, dan merumuskan.

Lingkup materi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com