Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER EDUKASI] Biaya Kuliah 5 PTN Terbaik I Kisaran Kuliah Kedokteran Swasta I Rangkuman 4 Kebijakan Kampus Merdeka

Kompas.com - 26/01/2020, 08:27 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Besaran biaya kuliah PTN dan kuliah kedokteran swasta menjadi dua tulisan yang paling banyak dibaca pembaca Kompas.com di kanal edukasi sepanjang Kamis (23/1/2020) hingga Sabtu (25/1/2020) kemarin.

Selain itu, Mendikbud Nadiem yang menginisiasi program Kampus Merdeka untuk tingkat pendidikan tinggi pada Jumat (24/1/2020) langsung menjadi berita pilihan pembaca menjelang akhir minggu.

Berikut artikel populer edukasi sepanjang Kamis hingga Sabtu (23-25/1/2020) yang sayang jika dilewatkan:

1. Berapa Biaya Kuliah 5 PTN Terbaik Indonesia: ITB, UGM, IPB, ITS dan UI?

ITB (Institut Teknologi Bandung), UGM (universitas Gadjah Mada), IPB (Institut Pertanian Bogor), ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya) dan UI (Universitas Indonesia) merupakan 5 universitas terbaik versi Kemeristekdikti tahun 2019.

Baca juga: Masih Dibuka, 6 Lowongan Kerja di Perum Damri 2020

 

Kemenristekdikti kala itu telah mengumumkan klasterisasi/pemeringkatan pada perguruan tinggi Indonesia 2019 (16/08/2019) dengan menggunakan beberapa indikator nilai, di antaranya; Kinerja Input: 15 persen. Proses: 25 persen. Kinerja: output 25 persen. Outcome: 35 persen. 

Jika kamu berencana masuk 5 PTN terbaik tersebut melalui jalur SNMPTN (seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri), SBMPTN (seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri) maupun jalur mandiri, ada baiknya kamu mengetahui besaran biaya kuliah di kampus yang kamu cita-citakan tersebut.

Dirangkum dari beberapa sumber, gambaran biaya UKT (Uang Kuliah Tunggal) di 5 PTN terbaik dapat dibaca melalui artikel ini.

2. Berapa Kisaran Biaya Kuliah Kedokteran di 5 Universitas Swasta?

Ilustrasi dokteripopba Ilustrasi dokter

Hampir setiap anak ketika ditanya akan menjadi apa saat besar nanti akan memberikan jawaban sama: jadi dokter.

Seiring perjalanan waktu, selain karena sulitnya studi kedokteran, tingginya biaya kuliah di fakultas kedokteran juga menjadi salah satu alasan mengapa jurusan satu ini terbilang sulit diraih.

Namun dengan kualitas pendidikan dan menjanjikannya profesi di masa mendatang, banyak orangtua berusaha dan berupaya keras mempersiapkan pendidikan ini untuk anak-anaknya.

Baca juga: Mendikbud Nadiem Luncurkan 4 Kebijakan Kampus Merdeka, Ini Penjelasannya

 

Tidak hanya di PTN ( perguruan tinggi negeri), PTS (perguruan tinggi swasta) kini juga menyediakan jurusan kedokteran yang tak kalah berkualitas dengan jurusan kedokteran di PTN. 

Dirangkum dari berbagai sumber, kisaran biaya kuliah kedokteran di 5 universitas swasta yang menyediakan jurusan kedokteran lengkap dengan estimasi total biaya perkuliahan bisa dilihat di sini.

3. Ini Rangkuman 4 Kebijakan Kampus Merdeka Mendikbud Nadiem

Mendikbud Nadiem Makarim meluncurkan kebijakan Kampus Merdeka. Peluncuran disampaikan Mendikbud Nadiem dalam rapat koordinasi kebijakan pendidikan tinggi di Gedung D kantor Kemendikbud, Jakarta, Jumat (24/1/2020).DOK. KEMENDIKBUD Mendikbud Nadiem Makarim meluncurkan kebijakan Kampus Merdeka. Peluncuran disampaikan Mendikbud Nadiem dalam rapat koordinasi kebijakan pendidikan tinggi di Gedung D kantor Kemendikbud, Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud) Nadiem Makarim kembali meluncurkan kebijakan Merdeka Belajar kali ini ditujukan bagi pendidikan tinggi bertajuk Kampus Merdeka.

Peluncuran program Kampus Merdeka disampaikan Mendikbud Nadiem kepada media dalam rapat koordinasi kebijakan pendidikan tinggi di Gedung D kantor Kemendikbud, Jakarta, Jumat (24/1/2020).

"Ini tahap awal untuk melepaskan belenggu agar lebih mudah bergerak. Kita masih belum menyentuh aspek kualitas. Akan ada beberapa matriks yang akan digunakan untuk membantu perguruan tinggi mencapai targetnya," ujarnya.

Baca juga: Beasiswa Penuh S2, Kuliah dan Dibayar untuk Keliling Eropa

 

Nadiem menjelaskan, "Kebijakan Kampus Merdeka ini merupakan kelanjutan dari konsep Merdeka Belajar. Pelaksanaannya paling memungkinkan untuk segera dilangsungkan, hanya mengubah peraturan menteri, tidak sampai mengubah Peraturan Pemerintah ataupun Undang-Undang."

Rangkuman 4 kebijakan baru Kampus Merdeka dari "Mas Menteri" Nadiem Makarim bisa dibaca melalui artikel ini

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com