Berapa Kisaran Biaya Kuliah Kedokteran di 5 Universitas Swasta?

Kompas.com - 24/01/2020, 10:50 WIB
Ilustrasi dokter ipopbaIlustrasi dokter

KOMPAS.com - Hampir setiap anak ketika ditanya akan menjadi apa saat besar nanti akan memberikan jawaban sama: jadi dokter.

Seiring perjalanan waktu, selain karena sulitnya studi kedokteran, tingginya biaya kuliah di fakultas kedokteran juga menjadi salah satu alasan mengapa jurusan satu ini terbilang sulit diraih.

Namun dengan kualitas pendidikan dan menjanjikannya profesi di masa mendatang, banyak orangtua berusaha dan berupaya keras mempersiapkan pendidikan ini untuk anak-anaknya.

Tidak hanya di PTN ( perguruan tinggi negeri), PTS (perguruan tinggi swasta) kini juga menyediakan jurusan kedokteran yang tak kalah berkualitas dengan jurusan kedokteran di PTN.

Baca juga: Berapa Biaya Kuliah 5 PTN Terbaik Indonesia: ITB, UGM, IPB, ITS dan UI?

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut kisaran biaya kuliah kedokteran di 5 universitas swasta yang menyediakan jurusan kedokteran lengkap dengan estimasi total biaya perkuliahan.

Keragaman biaya kuliah di masing-masing universitas swasta ini tentu saja ditentukan oleh banyak faktor mulai dari kualitas pembelajar, dosen, fasilitas dan banyak faktor lainnya sehingga tidak dapat diajukan menjadi patokan khusus "mahal berarti bagus" atau "murah tidak berkualitas":

1. Universitas YARSI

Universitas YARSI ini bisa kamu kunjungi di Jalan Letjen Suprapto, Jakarta. Fakultas Kedokteran YARSI telah memperoleh akreditasi A pada tahun 2014 lalu.

Melansir dari laman resmi yarsi.ac.id, fakultas kedokteran Universitas YARSI memiliki 2 program studi sarjana dan 2 program studi profesi.

Universitas YARSI juga memiliki beberapa fasilitas penunjang kuliah seperti ruang kuliah, laboratorium, skills lab, ruang tutorial, ruang Computer Based Test (CBT), Masjid Jami YARSI, pusat olah raga, klinik YARSI, RSU YARSI, RSGM YARSI.

Berdasarkan SK (Surat Keputusan) Pengurus Yayasan YARSI No. 310-313/PEN/KEP/IX/2018 Biaya Pendidikan (dalam ribu rupiah) yang perlu kamu persiapkan ialah:

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X