Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertarik Isu Perdamaian? Ikuti Beasiswa PBB untuk 10 Pemuda Terpilih

Kompas.com - 05/02/2020, 19:39 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Buat kamu yang tertarik dengan isu perdamaian dunia, ada tawaran menarik dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

United Nations Office for Disarmament Affairs mencari anak muda yang termotivasi untuk menggunakan bakat yang dimiliki untuk membantu meningkatkan kesadaran dan mempromosikan perubahan untuk dunia yang lebih damai dan aman.

Kamu bisa mengikuti kegiatan United Nations Youth Champions for Disarmament yang akan digelar pada bulan Juni 2020. Kamu berkesempatan untuk mengunjungi empat lokasi yaitu Jenewa, Wina, Nagasaki, dan Hiroshima.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB António Guterres dalam siaran pers, mendorong pemberdayaan kaum muda, mengakui peran mereka sebagai kekuatan utama untuk mendukung pelucutan senjata.

Baca juga: Yuk Ikut Konferensi Jurnalistik di London, Gratis Transportasi dan Akomodasi

Majelis Umum PBB juga menegaskan kembali kontribusi penting dan positif yang dapat dilakukan oleh kaum muda untuk memajukan dan mencapai pembangunan berkelanjutan dan perdamaian, dengan suara bulat mengadopsi resolusi baru berjudul "Pemuda, perlucutan senjata, non-proliferasi, dan pengendalian senjata".

PBB dengan dukungan Pemerintah Jerman, menyerukan kepada kaum muda untuk mengajukan program pembelajaran inovatif yang bertujuan memberdayakan mereka untuk bekerja untuk perlucutan senjata di komunitas mereka.

Dalam program ini tersedia 10 beasiswa untuk pemuda yang terpilih untuk mengikuti kegiatan United Nations Youth Champions for Disarmament.

Cakupan Beasiswa

  1. Biaya transportasi dan akomodasi
  2. Pelatihan prinsip-prinsip umum pelucutan senjata
  3. Tur pribadi di Wina, Jenewa, Hiroshima, dan Nagasaki
  4. Diskusi dengan lembaga, komunitas yang terkait dengan pelucutan senjata, non-proliferasi, dan pengendalian senjata
  5. Bimbingan seluruh program

Syarat Peserta

  1. Berusia 18-24 tahun
  2. Memiliki minat di hubungan internasional
  3. Diutamakan bisa berbahasa Inggris
  4. Latar belakang sejarah, sains, ekonomi, bahasa, film, media, tari, lagu, teater, seni visual, kreatif menulis atau bidang lain apa pun didorong untuk mengirim

Syarat Dokumen

  1. Surat rekomendasi
  2. Transkrip akademik

Batas waktu pendaftaran United Nations Youth Champions for Disarmament adalah 18 Maret 2020. Untuk informasi lebih lanjut tentang kegiatan dan pendaftaran United Nations Youth Champions for Disarmament, silakan kunjungi halaman https://www.un.org/disarmament/youth-champions-for-disarmament

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com