Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BERITA FOTO: Kemeriahan Perayaan Imlek Pertama di Kemendikbud

Kompas.com - 07/02/2020, 18:28 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis


KOMPAS.com
- Perayaan Imlek bersama di Plaza Insan Berprestasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Kamis (6/2/2020 menjadi perayaan Imlek sepanjang sejarah berdirinya Kemendikbud.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) menyatakan bahwa salah satu alasan Kemendikbud merayakan Imlek adalah agar masyarakat dapat mengenal dan menghargai sejarah budaya di Indonesia yang juga dipengaruhi antara lain oleh budaya dari etnis Tionghoa.

“Kemendikbud ingin meyakinkan masyarakat bahwa setiap kali kita merayakan hari libur nasional dari berbagai agama, suku, tradisi masing-masing bukan hanya untuk dirayakan bagi suku atau agama tersebut. Kali ini di kantor Kemendikbud turut serta merayakan Imlek,” kata Nadiem dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Nadiem Ajak Seluruh Masyarakat Ikut Rayakan Hari Besar di Indonesia

Ia melanjutkan arti penting kebinekaan untuk kemajuan Indonesia.

“Persoalannya adalah sejauh mana kita mampu berinteraksi dan memanfaatkan ragam budaya yang ada untuk memajukan kepentingan nasional, mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur,” kata Nadiem.

Kemeriahan Perayaan Imlek bersama muncul dari tabuhan tambur terdengar meriah malam itu Barongsai pun bergerak meliuk-meliuk dengan lincah. Bahkan, barongsai juga telah menghibur pengunjung sejak sore.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim dalam sambutan acara Perayaan Imlek di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Kamis (6/2/2020). KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim dalam sambutan acara Perayaan Imlek di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Kamis (6/2/2020).

Di dalam lobi, pengunjung terlihat menggunakan baju berwarna merah. Di sudut depan bagian lobi, ada replika bangunan bergaya China.

Baca juga: Saat Barongsai dan Musik Tionghoa Hadir Kali Pertama Masuk Kemendikbud

Suasana di Kemendikbud malam itu begitu meriah. Musik Tionghoa dari petikan siter dan rebab menggaung di Kemendikbud. Tamu undangan yang dari komunitas peranakan China menikmati pertunjukan dan juga hidangan yang disuguhkan.

Tamu undangan saling bercengkerama seusai acara. Mereka pun berebut untuk berfoto di depan replika bangunan China.

Perayaan Imlek di Kemendikbud diramaikan dengan penampilan atraksi Barongsai, Show Tambur dari Ngo Heng Bio Lion Dance Team Tangerang dan penampilan Wushu dari Pemuda Khonghucu.

Di area Kemendikbud juga terpasang lampion-lampion.

Berikut foto-foto kemeriahan Perayaan Imlek di Kemendikbud.

Barongsai tampil dalam acara Perayaan Imlek di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Kamis (6/2/2020).KEMENDIKBUD/TASORI Barongsai tampil dalam acara Perayaan Imlek di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Kamis (6/2/2020).
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim bersalaman dengan komunitas peranakan Tionghoa dalam acara Perayaan Imlek Bersama di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Kamis (6/2/2020).KEMENDIKBUD/TASORI Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim bersalaman dengan komunitas peranakan Tionghoa dalam acara Perayaan Imlek Bersama di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Kamis (6/2/2020).
Barongsai beraksi dalam acara Perayaan Imlek Bersama di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kamis (6/2/2020).KEMENDIKBUD/TASORI Barongsai beraksi dalam acara Perayaan Imlek Bersama di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kamis (6/2/2020).
Pengunjung berfoto dengan barongsai dalam acara Perayaan Imlek Bersama di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kamis (6/2/2020).KEMENDIKBUD/TASORI Pengunjung berfoto dengan barongsai dalam acara Perayaan Imlek Bersama di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kamis (6/2/2020).
Seorang tamu berfoto di replika bangunan China saat acara Perayaan Imlek di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Kamis (6/2/2020).KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Seorang tamu berfoto di replika bangunan China saat acara Perayaan Imlek di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Kamis (6/2/2020).
Tamu acara Perayaan Imlek Bersama di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kamis (6/2/2020).KEMENDIKBUD/TASORI Tamu acara Perayaan Imlek Bersama di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kamis (6/2/2020).
Pengisi acara Perayaan Imlek Bersama di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kamis (6/2/2020).KEMENDIKBUD/TASORI Pengisi acara Perayaan Imlek Bersama di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kamis (6/2/2020).
Lampion di area gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Lampion di area gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Pengisi tamu memainkan siter dan rebab di acara Perayaan Imlek di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kamis (6/2/2020).KEMENDIKBUD/TASORI Pengisi tamu memainkan siter dan rebab di acara Perayaan Imlek di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kamis (6/2/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com