Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eduversal: Bersama Siswa, Guru Perlu Tetap Belajar Tingkatkan Kompetensi

Kompas.com - 21/04/2020, 19:17 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Guru menjadi salah satu kunci dalam proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang telah ditetapkan Kemendikbud guna mengantisipasi meluasnya wabah Covid-19. Untuk sementara sekolah mengalihkan pembelajaran berbasis kelas menjadi online learning.

Pembelajaran daring ini tentunya menuntut kompetensi khusus guru sebagai pengampu mata pelajaran yang pastinya memiliki metode berbeda dengan cara mengajar klasikal.

Bagi sebagain guru, PJJ bisa jadi menjadi hal baru dan memerlukan waktu untuk mempelajari beberapa platform yang sesuai dan efektif agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan optimal.

Untuk mengatasi permasalahan beberapa guru yang memerlukan bimbingan khusus dalam mengelola platform media pembelajaran yang interaktif, Eduversal sebagai konsultan pendidikan berpengalaman, mengadakan kegiatan Webinar secara gratis bagi guru-guru di seluruh Indonesia.

Webinar ini gratis untuk seluruh guru dan umum yang dijadwalkan setiap hari Sabtu jam 11.00-12.00 melalui platform Telegram resmi di https://t.me/Eduversal dengan tema - tema baru.

Baca juga: Keren, Sekolah Ini Undang Enes Kanter Pebasket NBA Jadi Guru Tamu Belajar di Rumah

Berbagai macam program yang telah digelar ini merupakan bentuk aksi tanggap Covid-19.

“Kami memahami benar betapa perlunya semua pihak, terutama guru, untuk dapat segera beradaptasi dengan bentuk pembelajaran secara online dalam waktu sesingkat mungkin," jelas Dwi P. Wibowo selaku Direktur Eduversal.

Dwi berharap melalui pelatihan pihaknya dapat membantu tugas para guru dan proses pembelajaran terus berjalan di tengah-tengah wabah Covid-19 dengan tetap menjaga kualitas pendidikan yang prima.

Ia juga berharap, kesempatan belajar dari rumah ini tidak saja memberi semangat bagi siswa tetapi juga para guru untuk selalu meningkatkan kemampuan diri secara profesional.

"Jadi tetap semangat dan selalu upgrade yourself untuk semua," harap Dwi.

Berikut beberapa pembelajaran daring, baik webinar maupun live streaming yang telah dilakukan Eduversal dalam meningkatkan kemampuan para guru:

1. Belajar daring kreatif dan efektif  

Webinar perdana diadakan secara langsung (live) pada Sabtu, 28 Maret 2020 melalui platform Zoom dengan tema “Eduversal Webinar Beyond the Class” dibawakan oleh pembicara Andry Nur Hidayat dengan Judul “Creating an effective and engaging online learning environment (Zoom and Google Classroom)”.

2. Mengaktifkan pembelajaran online

Webinar berikutnya telah diadakan secara live juga pada Sabtu, 4 April dengan judul “The Fastest way to Transform Slide Presentations into Classroom Conversations” dibawakan oleh Ade Kiki Ruswandi seorang guru berpengalaman di Pribadi Depok dan konsultan Eduversal.

3. Belajar dengan "Class Dojo"

Webinar ketiga pada hari Sabtu, 11 April 2020 mengangkat tema “Pembelajaran Digital dengan Class Dojo” yang dibawakan Ridwan Sumitro salah satu guru di Sekolah Kharisma Bangsa yang berpengalaman di pendidikan sekolah dasar.

4. Belajar dari rumah dengan Google

Banyaknya permintaan terkait perlunya dukungan pembelajaran online, Eduversal menambahkan sesi webinar di luar jadwal biasa yaitu di hari Rabu 15 April 2020 dengan judul “Teach From Home with Google for Education” dengan pembicara Julio Sandjaya dari PT Duta Digital Indonesia.

Baca juga: Tayangan TVRI Belajar di Rumah, Ini Harapan Guru dan Kepala Sekolah

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com