Orangtua, Ini Panduan "Belajar dari Rumah" lewat TVRI dari Kemendikbud

Kompas.com - 20/04/2020, 15:12 WIB
Panduan Pembelajaran Program Belajar dari Rumah Senin, 20 April - Jumat, 24 April 2020 Dok. KemendikbudPanduan Pembelajaran Program Belajar dari Rumah Senin, 20 April - Jumat, 24 April 2020

KOMPAS.com - Agar pembelajaran di rumah lebih bermakna, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan sejumlah alternatif pembelajaran siswa di rumah selama wabah Covid-19.

Salah satunya melalui Program Belajar dari Rumah lewat TVRI sebagai alternatif pembelajaran sekaligus solusi kendala kuota serta jaringan internet terkait pembelajaran secara daring.

Melalui laman resmi, Senin (20/4/2020), Kemendikbud memberikan sejumlah pedoman bagi siswa dan orang tua selama mengikuti Program Belajar dari Rumah lewat TVRI.

Panduan tersebut terbagi untuk jenjang PAUD, SD, SMP, SMA/SMK sederajat. Berikut rangkuman Panduan Pembelajaran Program Belajar dari Rumah Senin, 20 April - Jumat, 24 April 2020.

Baca juga: Agar Anak Kompeten, Najelaa: Beri Anak Umpan Balik, Bukan Nilai

Panduan untuk PAUD dan Sederajat

Kurang lebih 10 menit sebelum program Jalan Sesama ditayangkan, orang tua dapat mengajak anak duduk bersama dengan sikap rileks dan menjelaskan sekilas tentang tayangan Jalan Sesama, tokoh-tokoh inti seperti Elmo dan Tatan.

Orang tua juga perlu menyampaikan lamanya tayangan dan aktivitas yang akan dilakukan dengan anak.

Alternatif kegiatan yang dapat lakukan bersama anak saat melihat tayangan adalah sebagai berikut:

1. Gerak dan Lagu
Orang tua mengajak anak bernyanyi dan mengikuti gerakan tokoh atau lagu-lagu seperti yang dicontohkan di tayangan Jalan Sesama. Terpenting anak senang dan berlatih motorik kasar.

Baca juga: Pertamina Buka Pendaftaran Beasiswa untuk 280 Mahasiswa, Tertarik?

2. Berdialog dengan Anak
Kembangkan dialog interaktif dengan anak tentang topik yang sedang dibahas di tayangan Jalan Sesama, misalnya “Wah, ternyata wortel itu enak dan sehat, ya. Bagaimana menurut
kamu?”

Setelah selesai melihat tayangan Jalan Sesama, orang tua dapat mengajak anak melakukan aktivitas alternatif sebagai berikut:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X