Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa hingga Orangtua, Ini 6 Cara Atasi Stres Selama Covid-19

Kompas.com - 23/04/2020, 06:10 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Sudah sebulan lebih pemerintah menerapkan kebijakan untuk bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan beribadah di rumah.

Ini semua tentu karena wabah virus corona atau Covid-19 yang kini penyebarannya makin meluas ke seluruh daerah di Indonesia.

Tak heran jika masyarakat banyak menemui kendala dalam kehidupan sehari-harinya. Bahkan tak jarang menimbulkan rasa stres selama wabah yang tak kunjung usai ini.

Baca juga: Anak Stres Belajar di Rumah? Ini Tips dari Sekolah Lawan Corona

Agar Anda tidak merasa stres, maka harus memperhatikan pesan dari WHO ini. Pesan ini berlaku bagi masyarakat mulai dari siswa sekolah, kuliah hingga orangtua.

Berikut ini tulisan dari admin Instagram Kemdikbud RI pada Rabu (22/4/2020) sore:

#SahabatDikbud, wajar atau tidak, ya, jika kita mengalami stres selama masa pandemi Covid-19 ini? Apa saja yang dapat kita lakukan saat mengalami stres?

Yuk, simak pesan dari @who berikut!

6 Pesan WHO yang dirangkum dari akun resmi Instagram Kemdikbud RI:

1. Bicara dengan keluarga/teman

Wajar jika kita merasa tertekan atau stres, bingung, takut atau marah ketika terjadi krisis. Berbicaralah dengan orang yang Anda percayai dapat membantu dalam keadaan ini. Hubungi teman dan keluarga Anda.

2. Jaga pola hidup sehat

Jika Anda harus tetap tinggal di rumah, jaga hidup sehat, termasuk pola makan, tidur, olahraga yang baik, dan hubungan dengan orang-orang terkasih di rumah melalui komunikasi anggota keluarga serta teman-teman di luar.

3. Hubungi tenaga medis

Jangan merokok, minum minuman beralkohol, atau menggunakan obat terlarang untuk mengatasi perasaan Anda.

Hubungilah tenaga medis untuk merencanakan tempat kesehatan mana yang dituju dan bagaimana cara mencari pertolongan.

4. Cari info akurat

Carilah informasi yang akurat terkait Covid-19 ini, sehingga dapat membantu Anda melakukan pencegahan. Sumber yang dapat dipercaya seperti laman WHO atau Dinas Kesehatan daerah dan Kementerian Kesehatan.

5. Kurangi berita hoaks

Anda dan keluarga dapat mengatasi rasa takut dan resah dengan cara mengurangi tontonan atau mendengar laporan-laporan media yang diragukan kebenarannya (hoaks).

Baca juga: Orangtua, Berikut 4 Tips Menanamkan Kejujuran Pada Anak

6. Gunakan berbagai cara yang baik

Gunakan berbagai cara yang telah membantu Anda menangani kesulitan dalam hidup sebelumnya dan gunakan cara-cara tersebut untuk membantu mengelola emosi Anda dalam situasi sulit menghadapi kejadian saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com