Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IPB Masuk 77 Besar Kampus Terbaik Dunia Versi THE Impact Ranking 2020

Kompas.com - 23/04/2020, 09:51 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Pada pemeringkatan Times Higher Education (THE) University Impact Rankings 2020, IPB University meraih peringkat ke-77 sebagai kampus terbaik di dunia.

Pemeringkatan tersebut disampaikan dalam pertemuan virtual bertema “THE Innovation & Impact Summit” yang juga dihadiri oleh perwakilan IPB University secara daring pada Rabu 22 April 2020.

Prestasi tersebut menjadi lompatan signifikan IPB dibanding capaian tahun 2019, yakni berada pada Peringkat (201-300).

Pada pemeringkatan tersebut, penilaian secara keseluruhan IPB University berada pada peringkat 77 dunia. Namun, untuk lima tujuan SDGs, IPB masuk dalam jajaran 50 kampus terbaik dunia.

Baca juga: Saran Pakar IPB agar Barang Belanja dan Makanan Delivery Bebas Corona

Sustainable Development Goals disingkat dengan SDGs merupakan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang terdiri atas 17 tujuan dengan 169 capaian terukur yang ditentukan oleh PBB. Menjadi agenda pembangunan dengan tujuan keselamatan manusia dan planet bumi.

Berikut lima tujuan SDGs yang dicapai oleh IPB menurut THE Impact Ranking 2020:

1. Peringkat 11 dunia untuk SDG-2: Zero Hunger, yaitu untuk mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan nutrisi yang lebih baik dan mendukung pertanian berkelanjutan.

2. Peringkat 19 SDG-5: Gender Equality, untuk mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan semua perempuan dan anak perempuan.

Baca juga: Daftar Kampus Indonesia dengan Lulusan Siap Kerja Versi QS WUR 2020

3. Peringkat 33 untuk SDG-15: Life on Land, yaitu untuk melindungi, memulihkan dan mendukung penggunaan yang berkelanjutan terhadap ekosistem daratan, mengelola hutan secara berkelanjutan, memerangi desertifikasi (penggurunan) dan menghambat dan membalikkan degradasi tanah dan menghambat hilangnya keanekaragaman hayati.

4. Peringkat 34 untuk SDG-14: Life below Water, yaitu untuk mengkonservasi dan memanfaatkan secara berkelanjutan sumber daya laut, samudra dan maritim untuk pembangunan yang berkelanjutan.

5. Peringkat 35 untuk SDG-1: No Poverty, yaitu untuk mengakhiri kemiskinan dalam segala bentuk di mana pun.

Rektor IPB University Prof Dr Arif Satria, ucap syukur atas torehan prestasi yang menunjukkan bahwa perguruan tinggi di negara berkembang juga mampu menunjukkan kinerjanya melalui metodologi pemeringkatan oleh lembaga independen dunia.

“Masuknya IPB University di jajaran Top 77 universitas dunia THE Impact Rangkings semakin mendorong “research for impacts”, yaitu penelitian yang menghasilkan IPTEKS dan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Dalam rangka memperkuat kontribusi IPB University dalam pencapaian SDGs, telah dikembangkan Pusat Kajian Sains Keberlanjutan dan Transdisiplin, dan SGD Network di IPB University sejak tahun 2018 yang lalu," ujar Prof. Arif.

Sebelumnya, IPB juga telah memperoleh penghargaan nasional di bidang inovasi serta peringkat 60 besar pada QS World University Ranking by Subject on Agriculture and Forestry 2020 yang belum lama ini dirilis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com