Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Matematika itu Menyenangkan! Belajar di TVRI 13 Mei 2020 untuk SMA

Kompas.com - 13/05/2020, 16:37 WIB
Irfan Kamil,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Program Belajar dari Rumah di TVRI hadir kembali dengan tayangan Matematika itu Menyenangkan! yang tayang pada pukul 10.00 – 10.30 WIB untuk SMA dan sederajat pada 13 Mei 2020.

Belajar dari Rumah adalah Program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan alternatif pendidikan bagi semua kalangan di masa darurat Covid-19.

Baca juga: Soal dan Jawaban Matematika Penjumlahan, Perkalian, Pembagian

Berikut soal dan jawaban Belajar dari Rumah di TVRI untuk kelas SMA hari Rabu, 13 Mei 2020:

Soal 1

Berikanlah 2 contoh pengaplikasian konsep matematika dalam kehidupan manusia sehari-hari!

Jawaban:

Contoh pengaplikasian konsep matematika yaitu untuk membangun rumah atau bangunan lainnya dan membuat pembukuan keuangan pada perusahaan.

Soal 2

Menurutmu, mengapa mempelajari matematika bermanfaat untuk menyelesaikan masalah dan menjadikan kita mengerti tentang dunia?

Jawaban:

Karena Matematika dapat memecahkan suatu persoalan yang berhubungan dengan hitungan, misalnya membelanjakan uang dengan benar, mengatehui, jarak tempuh, membuat ukuran atau pola baju, membuat rumah, dan semua yang berhubungan dengan hitungan.

Selain itu, dengan belajar matematika kita bisa memahami perhitungan rumit dan menggunakan logika dalam berbisnis atau berdagang.

Matematika juga dapat membantu kita melatih logika dan nalar. Hal ini karena otak kita sering dilatih dengan persoalan yang membutuhkan pemecahan dengan jalan keluar yang tepat dan pasti.

Soal 3

Cari dan jabarkanlah teknik atau metode menghafal seru yang baru dalam usahamu memahami suatu materi (seperti tabel periodik, rumus tertentu, atau lainnya)!

Jawaban:

Salah satu contoh teknik atau metode menghafal seru yang baru dalam usaha memahami suatu materi yakni menghapal rumus dengan menggunakan kata ganti atau kalimat yaitu rumus dapat di ganti dengan kata ganti atau kalimat yang mudah untuk diingat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com