Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Awal Libur Sekolah, Edukasi Universal Indonesia Gelar Turnamen Catur Online

Kompas.com - 04/06/2020, 21:14 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Menyambut awal libur sekolah, Edukasi Universal (Eduversal) Indonesia menggelar kompetisi catur online bertajuk “Eduversal Online Chess Tournament” yang terbuka untuk semua umur.

Melalui turnamen catur ini diharapkan masyarakat dapat mengisi kejenuhan di masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dengan kegiatan edukatif dan juga menghibur.

Eduversal Indonesia, provider manajemen sekolah, mengharapkan permainan menarik yang membuat otak berpikir ini dapat membantu meningkatkan kembali kreativitas dan produktivitas serta sekaligus dapat berperan menjadi hiburan untuk masyarakat.

"Dari segi pendidikan, catur mengajarkan berbagai aspek dalam berlogika dan berstrategi," ujar Ramon Adianto, Ketua Pelaksana Turnamen Catur Online Eduversal. 

Ia melanjutkan, "Salah satu halnya adalah mengajarkan setiap peran memiliki kelebihan yang berbeda beda bagaimana cara menciptakan strategi yang baik untuk dapat memenangkan pertandingan, menghitung peluang peluang strategi untuk dapat mengalahkan lawan."

"(Catur) mengajarkan kita untuk berpikir 2 bahkan lebih melangkah untuk menciptakan strategi yang dapat memenangkan pertandingan," tambah Ramon.

Baca juga: New Normal, Orangtua Diminta Ingatkan Anak Terapkan Protokol Kesehatan

Permainan olah pikir

Catur dipilih sebagai turnamen karena pihaknya memandang catur adalah salah satu permainan yang digemari oleh banyak orang.

"Karena pada masa PSBB ini pasti banyak penggemar catur yang ingin berkompetisi, bertanding dengan lawan yang berbeda. Karena setiap pemain catur pastinya haus akan bertanding dengan lawan," ujar Ramon.

Oleh karena itu pihaknya memfasilitasi pecinta catur untuk tetap dapat berkompetisi di masa PSBB ini sekaligus memberikan wadah dalam menyalurkan hobi. 

Ramon menjelaskan turnamen online ini dapat diikuti oleh berbagai usia karena banyak anak muda anak berbakat yang pandai dalam memainkan catur.

Turnamen ini dapat diikuti secara gratis untuk seluruh pecinta catur Indonesia dan akan dilaksanakan pada hari Minggu, 14 Juni 2020 secara daring.

Tersedia hadiah menarik dan sertifikat untuk para pemenang;

  • Juara 1: IDR 750K + e-certificate
  • Juara 2: IDR 500K + e-certificate
  • Juara 3: IDR 250K + e-certificate

 

Bibit muda catur berbakat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com