Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Provinsi Ini Kembali Raih Juara Umum Lomba Kompetensi Siswa SMK 2020

Kompas.com - 25/10/2020, 08:56 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Provinsi Jawa Tengah kembali menjadi juara umum pada ajang Lomba Kompetensi Siswa SMK ke-28 yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas)secara daring pada 18-23 Oktober 2020.

Siswa Jateng berhasil meraih sembilan medali emas, sepuluh medali perak, dan tujuh medali perunggu.

Sementara Juara kedua diraih oleh Provinsi Jawa Timur dengan raihan sembilan medali emas, enam medali perak, dan empat medali perunggu.

Selanjutnya, juara ketiga diraih oleh Provinsi DKI Jakarta dengan perolehan delapan medali emas, tiga medali perak, dan sembilan medali perunggu.

Baca juga: Aplikasi Ini Bantu Siswa Pecahkan Soal Matematika

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto mengimbau agar ajang LKS SMK Tingkat Nasional 2020 ini tak sekadar dianggap sebagai kompetisi tahunan.

"LKS merupakan sarana merangkai mimpi, mengasah keterampilan, sekaligus membangun kepercayaan diri, relasi, serta kemandirian," ujar Wikan melalui virtual pada saat menutup acara di Bandung, pada Jumat (23/10/2020).

Saat ini, kata Wikan, dengan segala daya kita bersama memerdekakan diri dari belenggu keterbatasan untuk menjadi bangsa yang lebih mandiri dalam menghadapi tantangan yang terus akan berubah dan semakin berat di masa depan.

Wikan berharap, ajang ini dapat mendorong siswa-siswi Indonesia terutama SMK untuk berkreasi, baik berupa produk teknologi, fesyen, seni, industri kreatif, produk kuliner, dan lainnnya.

Baca juga: Jadwal Pencairan Dana KJP Plus SD-SMA Tahap I Bulan Oktober 2020

"Kalau kita masih menjadi penikmat drakor (drama Korea), kalau kita masih menjadi penikmat film-film kartun dari luar negeri, kalau kita masih menjadi pengimpor alat-alat teknologi, maka kelak adik-adik (siswa SMK) yang akan membalikkan itu semua, karya adik-adik (siswa SMK) akan digunakan oleh orang sedunia," tutur Wikan.

LKS 2020 kali ini melibatkan 34 Ketua Kontingen Provinsi, 812 guru pembimbing, 145 juri atau expert, 65 orang panitia, serta melahirkan 168 juara di 42 bidang lomba dari total peserta sebanyak 932 peserta.

Menariknya, sebanyak 20 siswa SMK penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) mampu meraih prestasi di ajang ini dari total 111 siswa SMK penerima KIP dari berbagai sekolah di seluruh Indonesia.

Baca juga: Soul Travellers, Cerita 39 Anak Muda Indonesia Menjelajah Dunia

Empat siswa penerima KIP dari kontingen Jawa Tengah yang mendapat medali yakni Naufal Hanif dengan medali emas di bidang lomba Industrial Control dan Imam Tantowi Yahaya dengan medali emas bidang lomba Mechatronics, sedangkan medali perak bidang lomba Restaurant Service diraih oleh Lasmi Yatun dan medali perunggu bidang lomba cabinet making diraih oleh Arif Suyipto.

Seluruh juara pada ajang ini akan mendapatkan penghargaan, beasiswa dan hadiah menarik dari berbagai dunia industri, di antaranya dari Djarum Foundation, Amazon Web Service, PT. Astra Otopart, dan PT. Kawan Lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com