Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pompa Motivasi Siswa, Kharisma Bangsa Gelar Kompetisi Daring "Glarisa Cup 2021"

Kompas.com - 06/03/2021, 15:21 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Satu tahun pandemi sejak Presiden Joko Widodo mengumumkan kasus Covid-19 di Indonesia, membuat banyak siswa mengalami kejenuhan dalam menjalankan BDR (belajar dari rumah).

Ada berbagai upaya dilakukan, guna menumbuhkan kembali semangat siswa agar dapat menikmati kembali proses pembelajaran, meski masih dilakukan secara daring.

Salah satu upaya membangkitkan semangat positif dilakukan Sekolah Kharisma Bangsa, Tangerang Selatan, yang akan menggelar perhelatan seni dan olahraga tingkat nasional secara daring di awal 2021

Gelaran kompetisi seni dan olahraga daring Sekolah Kharisma Bangsa yang kali pertama dilakukan ini tampil dengan nama "Glorious Age of Kharisma Bangsa (Glarisa) Cup Volume 4: Gaze Under the Spectrum of Colors".

Muhammad Alif Anshari, Ketua Pelaksana Glarisa Vol 4, melalui rilis resmi (5/3/2021) berharap, gelaran ini akan memotivasi siswa Indonesia untuk tetap berkreasi dan berprestasi meski di tengah pandemi.

"Sekolah Kharisma Bangsa membuka kesempatan bagi remaja di seluruh Indonesia untuk mengukir prestasi dengan terus berkarya di tengah pandemi dari rumah masing-masing, memperoleh pengalaman berkompetisi yang baru, unik dan juga tentunya menarik," ungkapnya.

Baca juga: Tanpa ke Indonesia, Siswa Amerika Bisa Belajar Budaya Nusantara

Ajang 8 lomba daring SMP & SMA

Alif menjelaskan, "Glarisa Cup" akan membuka empat cabang perlombaan, terdiri atas; Cabang Akademik dan Linguistik, Cabang Rekreasional, Cabang Olahraga dan Cabang Kesenian.

Dari keempat cabang tersebut, ada 8 lomba yang dapat diikuti siswa;

  • English Debate (khusus SMA)
  • English Speech (SMP dan SMA)
  • Player Unknown’s Battle Grounds (SMP dan SMA)
  • Valorant (SMP dan SMA)
  • Basketball Skills Challenge (SMP dan SMA)
  • Freestyle Soccer (umum)
  • Custom Paint (SMP dan SMA)
  • Solo Music Video (SMP dan SMA)

Jadwal "Glarisa Cup 2021" adalah sebagai berikut;

  • Technical Meeting: Maret 2021
  • Upacara Pembukaan: 13 Maret 2021
  • Jadwal pertandingan: 13-21 Maret 2021
  • Seremoni Penutupan: 27 Maret 2021

Tidak hanya kompetisi, Glarisa Cup yang digelar tahun 2021 ini juga akan beberapa bintang tamu istimewa guna memompa motivasi siswa.

"Dalam rangka memberi semangat kepada para peserta dari seluruh Indonesia, khususnya peserta lomba Basketball Skills Challenge, kami akan menghadirkan Enes Kanter, bintang liga basket NBA Amerika Serikat dari klub Portland Trail Blazers sebagai bintang tamu istimewa," ujar Alif.

Kehadirannya diharapkan akan sangat memotivasi para peserta yang sedang menekuni olahraga basket, berkat tips-tips yang akan diberikannya dalam sebuah pidato singkat untuk dapat sukses di bidang olahraga tersebut.

Para peserta lomba Basketball Skills Challenge juga akan mendapatkan kejutan berupa pengumuman nama pemenang secara langsung oleh Enes Kanter.

Baca juga: Lewat PKK dan PKW, Kemendikbud Bantu Puluhan Ribu Siswa Vokasi

Semangat kebersamaan dan pantang menyerah

Selain Enes Kanter, Pemain Profesional NBA, acara Glarisa dari Sekolah Kharisma, Tangsel rencananya akan dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainuddin Amali dan Duta Besar Republik Yunani untuk Indonesia, Apostolos Baltas pada 13 Maret 2021.DOK. SEKOLAH KHARISMA Selain Enes Kanter, Pemain Profesional NBA, acara Glarisa dari Sekolah Kharisma, Tangsel rencananya akan dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainuddin Amali dan Duta Besar Republik Yunani untuk Indonesia, Apostolos Baltas pada 13 Maret 2021.
Selain Enes Kanter, acara juga akan menghadirkan pembicara menarik lain; Ajay Ahdiyat (Praktisi Seni Rupa/Desain dan Dosen Komunikasi Visual Uniku), Ricky Binta (Musisi), Basil Rafi Rattanto (Pemain Persija Jakarta), Fina Ardhika (Penyanyi) dan Muhammad Arighi (Pemain Timnas Muda).

Alif juga mengungkapkan, rencananya gelaran "Glarisa Cup 2021" akan dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainuddin Amali dan Duta Besar Republik Yunani untuk Indonesia, Apostolos Baltas pada 13 Maret 2021.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com