Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/05/2021, 08:44 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pembelajaran jarak jauh (PJJ) sampai saat ini masih banyak diikuti oleh siswa sekolah. Materi pelajaran bisa didapat dari guru juga dari referensi lain.

Bagi siswa yang sedang belajar atmosfer, berikut ini dijelaskan pengertian, fungsi, dan manfaat atmosfer. Informasi dilansir dari Rumah Belajar Kemendikbud Ristek.

Pengertian atmosfer

Atmosfer berasal dari bahasa Yunani yakni “Atmos“ yang berarti “uap air atau gas” serta “Sphaira“ yang berartikan “selimut”.

Baca juga: Siswa, Yuk Belajar Jenis dan Pola Aliran Sungai

Jadi Atmosfer adalah lapisan gas yang menyelimuti suatu planet, termasuk juga bumi. Dari permukaan planet itu sampai jauh di luar angkasa dengan ketebalan ialah kurang lebih 1.000 km dari permukaan bumi serta juga bermassa 59 x 1.014 ton.

Di Bumi, atmosfer tersebut terdapat dari ketinggian 0 km dari permukaan tanah, sampai dengan sekitar 560 km dari atas permukaan pada bumi.

Apakah atmosfer hanya ada di Bumi? Tentu saja tidak. Beberapa planet lainnya juga dilapisi oleh atmosfer, tetapi kandungannya berbeda-beda.

Fungsi atmosfer

Atmosfer berfungsi mengatur proses penerimaan panas sinar matahari. Atmosfer melakukannya dengan menyerap dan memantulkan panas yang dipancarkan oleh matahari.

Sekitar 34 persen panas matahari kembali dipantulkan ke angkasa oleh atmosfer, awan, dan juga permukaan bumi. Kemudian sekitar 19 persen diserap oleh atmosfer dan awan, selanjutnya sekitar 47 persen sisanya mencapai permukaan bumi.

Ini fungsi atmosfer:

1. Pelindung bumi, agar suhu bumi tetap stabil dan menjaga agar cuaca dan kelembaban udara di dalam bumi juga tetap stabil.

Baca juga: Apa Itu Gerhana Bulan? Siswa Harus Paham

2. Penyeimbang dan penyeimbang keadaan di dalam dan di luar bumi.

3. Mengurangi rasa panas yang diberikan langsung oleh cahaya matahari.

4. Melindungi bumi dari serangan meteor-meteor atau benda-benda luar angkasa.

5. Menjaga agar grafitasi bumi tetap stabil.

Manfaat atmosfer

Berikut ini manfaat atmosfer:

1. Melindungi bumi dari paparan radiasi sinar ultraviolet dengan lapisan ozon. Sinar ultraviolet sangat berbahaya bagi kehidupan makhluk hidup di bumi.

2. Melindungi bumi dari benda-benda luar angkasa yang jatuh akibat gaya gravitasi bumi.

3. Atmosfer juga menjadi media cuaca yang bisa memengaruhi hujan, badai, topan, angin, salju, awan, dan lain sebagainya.

Baca juga: Siswa, Yuk Belajar Ciri-ciri Asteroid

4. Memiliki kandungan berbagai macam gas yang diperlukan oleh manusia, tumbuhan, dan juga hewan untuk bernapas dan kebutuhan lainnya seperti oksigen, nitrogen, karbondioksida.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com