Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa, Seperti Ini Proses Fotosintesis pada Tumbuhan

Kompas.com - 05/08/2021, 09:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Di Indonesia, banyak terdapat buah-buahan. Ini karena negara kita beriklim tropis. Maka tak heran jika berbagai macam buah-buahan tersedia sepanjang tahun.

Buah-buahan merupakan tempat cadangan makanan pada tumbuhan. Pada tumbuhan terdapat bagian kecil bernama kloroplas sehingga tumbuhan mampu melakukan fotosintesis.

Apa itu fotosintesis? Bagi siswa sekolah yang sedang belajar Biologi khususnya proses fotosintesis, maka berikut ini penjelasan yang dirangkum dari laman Sumber Belajar Kemendikbud Ristek.

Baca juga: Siswa, Ini Fungsi Telinga dan Bagian-bagiannya

Proses fotosintesis menghasilkan produk utama berupa karbohidrat yang disimpan sebagai cadangan makanan antara lain pada buah.

Selanjutnya buah ini dapat dikonsumsi oleh makhluk hidup yang tidak dapat membuat makanan sendiri dalam tubuhnya, yaitu hewan dan manusia.

Fotosintesis sendiri berasal dari kata foton yang berarti cahaya dan sintesis yang artinya penyusunan.

Jadi, fotosintesis artinya proses penyusunan senyawa yang sederhana menjadi senyawa yang kompleks, pada bagian tumbuhan yang mengandung klorofil, dan dengan bantuan cahaya matahari.

Klorofil merupakan pigmen yang berfungsi sebagai penangkap energi cahaya matahari, lalu mengubahnya menjadi energi kimia yang terikat dalam molekul karbohidrat.

Reaksi fotosintesis

Perubahan molekul yang tadinya lebih sederhana (6 molekul karbondioksida/CO2 dan 6 molekul air/H2O) menjadi senyawa yang kompleks (glukosa atau C6H12O6).

Berubahnya bentuk senyawa tersebut terjadi dalam serangkaian proses yang kompleks, yaitu melalui reaksi terang dan reaksi gelap.

Baca juga: Siswa, Ini 3 Jenis Otot Manusia dan Ciri-cirinya

Jadi siswa bisa mempelajari materi tentang fotosintesis. Pembelajaran diawali dengan mengenali bagian-bagian dari kloroplas yang membentuk fotosistem, kemudian mempelajari proses terjadinya reaksi terang dan reaksi gelap pada fotosintesis.

Struktur kloroplas

Kunci dari sebuah proses fotosintesis adalah organel kecil dari tumbuhan yang disebut dengan kloroplas. Berkat kloroplas inilah, makhluk hidup sekecil alga biru pun dapat berfotosintesis.

Kloroplas mengandung pigmen klorofil yang menyebabkan warna hijau pada daun. Lalu, seperti apakah bagian dalam sebuah kloroplas, sehingga tumbuhan dapat mengerjakan kerja serumit dan sekompleks fotosintesis.

Kloroplas adalah tempat berlangsungnya proses fotosintesis pada tumbuhan. Kloroplas memiliki lima bagian utama, yaitu:

  1. stroma
  2. membran dalam
  3. membran luar
  4. tilakoid
  5. grana

Baca juga: 41 Cabang Ilmu Biologi, Siswa Sudah Paham?

Kloroplas mempunyai membran ganda (membran luar dan membran dalam). Membran dalam dan membran luar kloroplas dibatasi dengan ruang antarmembran atau intermembran. Membran ganda mengelilingi matriks fluida yang disebut stroma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com