Kompas.com - 02/08/2021, 09:36 WIB
Anatomi telinga shutterstockAnatomi telinga
|

KOMPAS.com - Manusia dikaruniai lima indera. Salah satunya ialah indera pendengaran. Indera pendengaran itu adalah telinga.

Selain sebagai indera pendengar, telinga berfungsi sebagai alat keseimbangan. Telinga manusia terdiri dari tiga bagian, yaitu telinga bagian luar, telinga bagian tengah, dan telinga bagian dalam.

Bagi siswa sekolah yang sedang belajar mengenai indera pendengaran atau telinga, berikut ini penjelasan mengenai fungsi telinga dan bagian-bagian telinga.

Baca juga: Siswa, Begini 8 Cara Pakai Masker yang Benar

Melansir laman Rumah Belajar Kemendikbud Ristek, ini fungsi telinga dan bagian bagian telinga:

Telinga Luar

Telinga bagian luar terdiri atas daun telinga, saluran telinga luar. Daun telinga tersusun atas tulang rawan dan jaringan fibrosa, kecuali pada ujung paling bawah yaitu cuping telinga tersusun dari lemak.

1. Daun telinga berfungsi untuk menerima dan mengumpulkan suara yang masuk ke dalam telinga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Saluran telinga luar berfungsi menghasilkan minyak serumen.

3. Saluran telinga luar yang dekat dengan lubang telinga dilengkapi dengan rambut-rambut halus untuk menjaga agar benda asing tidak masuk.

4. Dan terdapat kelenjar lilin yang berperan menjaga agar permukaan saluran telinga luar dan gendang telinga tidak kering.

5. Di bagian akhir saluran telinga luar terdapat membran tipis yang memisahkan telinga luar dengan telinga tengah disebut membran timpani (selaput gendang).

Baca juga: Siswa, Ini 3 Jenis Otot Manusia dan Ciri-cirinya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.