Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/08/2021, 10:25 WIB
A P Sari,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Perkembangan literasi digital yang semakin maju terus mendorong generasi muda agar memiliki talenta digital yang berguna untuk karier masa depan.

Berbagai konten di internet dan media sosial saat ini bahkan diisi oleh para milenial dan generasi Z (Gen Z).

Mudahnya penerimaan teknologi mengharuskan mereka untuk selalu berpikir kreatif dalam membuat konten di media sosial.

Untuk itu, para generasi muda dituntut untuk memiliki kecakapan teknologi digital dan ide-ide kreatif agar peluang bisnis mereka bisa muncul.

Baca juga: Universitas BSI Gandeng Danacita, Kini Biaya Kuliah Bisa Dicicil

Salah satu cara untuk mengasah kecakapan teknologi dan kreativitas adalah melalui dunia perkuliahan. Pilihan program studi (prodi) broadcasting atau penyiaran bisa menjadi alternatif baik untuk mengasah kemampuan-kemampuan ini.

Kepala Prodi Broadcasting Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) A Munanjar menjelaskan, jurusan broadcasting menjadi pilihan tepat bagi mereka yang ingin mengasah kreativitas.

“Jurusan ini sesuai dengan generasi mudah yang memiliki passion komunikasi, persuasi, dan entertainment,” ujar dia melalui keterangan tertulis resmi, dikutip Kompas.com, Kamis (12/8/2021).

Melalui broadcasting, sebut dia, generasi muda bisa belajar mengenai kreativitas tinggi, sehingga mereka bisa menciptakan konten bermutu dan mendidik.

Baca juga: Berkat Ini, Universitas BSI Masuk 6 Besar Perguruan Tinggi Lulusan Terbanyak

“Tidak hanya sekadar memberikan hiburan, para pelajar juga memiliki sikap edukatif agar bisa menyuguhkan informasi dan mempublikasikan karya-karya terbaik,” tuturnya.

Menurutnya, ketekunan yang dimiliki generasi muda harus diimbangi dengan kurikulum kuliah yang up-to-date (terkini). Jurusan Broadcasting Universitas BSI menawarkan semua keunggulan ini secara mumpuni.

“Prodi ini ada untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang ahli di bidang televisi, film, dan radio. Kuncinya dengan membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan praktik langsung produksi pada tiga bidang tersebut,” kata Munanjar.

Ia melanjutkan, lewat prodi Broadcasting Universitas BSI, para mahasiswa tidak hanya akan belajar tentang bagaimana menciptakan konten.

Baca juga: Fasilitasi Pendidikan Insan Kreatif Dunia Digital, Universitas BSI Hadirkan Beasiswa Digital Talent

Lebih jauh, mereka akan belajar banyak mengenai proses produksi di balik layar, pembuatan ide, serta pengemasan ide hingga menjadi program untuk diproduksi dan disajikan ke publik.

Selain itu, tambah dia, prodi tersebut juga memiliki prospek karier yang cemerlang untuk generasi muda.

“Mulai dari tim kreatif, produser, penulis naskah, pembawa acara, penyiar, camera person, sutradara, program director, dan masih banyak lagi. Mereka tidak harus bekerja di stasiun TV atau radio. Jurusan ini juga mendukung generasi muda untuk menjadi content creator di platform digital,” paparnya.

Sebagai informasi, saat ini Prodi Broadcasting Universitas BSI masih membuka penerimaan mahasiswa baru (PMB) gelombang enam yang dimulai pada 4 Agustus hingga 2 September 2021.

Baca juga: Lolos Program Transfer Kredit Internasional, 9 Mahasiswa Universitas BSI Belajar di Malaysia

Mahasiswa kini tidak perlu khawatir mengenai biaya kuliah. Sebab, Universitas BSI berkolaborasi dengan Danacita membuat program cicilan biaya kuliah.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com