Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Radiant, Komik Perancis-Belgia Pertama yang Terbit di Indonesia

Kompas.com - 13/08/2021, 14:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

Penulis: Jan Alvin, SMK Tarakanita Jakarta

KOMPAS.com - Seth adalah seorang penyihir pemula yang memulai petualangannya di desa Pompo Hills di bawah pengawasan gurunya, Alma.

Seperti semua penyihir lainnya, mereka adalah orang-orang yang disebut “terinfeksi”, yaitu keadaan di hanya mana satu dari sedikit makhluk hidup yang dapat selamat dari kontak dengan Nemesis, makhluk yang jatuh dari langit dan mencemari semua yang mereka sentuh.

Kekebalannya terhadap kontaminasi Nemesis membuat Seth memilih jalan yang tampak sempurna baginya yaitu menjadi seseorang yang memburu dan melawan Nemesis.

Tidak hanya sampai di situ, Seth juga berambisi untuk melampaui perlawanan maupun pemburuan Nemesis, namun ia juga ingin menemukan tempat asal muasal Nemesis, Radiant. Bersama dengan penyihir lainnya, Seth berkeliling dunia untuk mencari Radiant.

Baca juga: Buku Minggu Ini: 5 Novel Genre Horor Terbaru Tahun 2020

Petualangan Seth untuk mencari Radiant pun berlanjut. Dalam rangka pencarian Radiant, Seth dan kelompoknya tiba di Rumble Town untuk melanjutkan pencariannya.

Namun, mereka sadar akan sesuatu keaneh janggal di Rumble Town, para penduduk di sana selalu berpindah ketika lonceng jam yang ada di tengah kota berbunyi, beberapa kasus kehilangan orang pun terjadi karena proses evakuasi tersebut. 

Saat membantu memecahkan kasus tersebut, Seth berniat untuk menyelidiki kota misterius itu, dan tanpa disangka-sangka, dalam penyelidikannya Seth diserang oleh seorang penyihir berperban yang datang entah dari mana.

Kisah Seth ini, bukan adegan dalam film ataupun novel fiksi. Menariknya, cerita ini berupa komik. Dengan judul Radiant, komik ini adalah seri manfra atau Bandes dessinées (komik Prancis–Belgia).

Karena dari Perancis, otomatis komik ini memang dikhususkan untuk pembaca Prancis dan Belgia) yang ditulis dan diilustrasikan oleh Tony Valente dan diterbitkan oleh Ankama sejak tahun 2013 dengan jumlah 12 volume dalam bahasa Prancis.

Dua tahun kemudian, manfra ini masuk ke Jepang dan diterbitkan oleh Asukashinsha, membuatnya menjadi manfra Prancis pertama yang diterbitkan di Jepang.

Baca juga: Serial Komik Q.E.D Akhirnya Comeback di Indonesia

Sekarang seri manfra Radiant juga sudah hadir di Indonesia. Diterbitkan Elex Media Komputindo, seri Radiant menjadi seri manfra pertama yang terbit di Indonesia. Kepopuleran komik satu ini membuatnya sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa, dengan berbagai fans di berbagai negara.

Seri Radiant dapat dibilang sebagai seri yang dikemas dengan sangat baik, kehadiran aksi, humor, dan detail yang membuat dunia terasa luas dan hidup, seperti dunia yang berisikan penyihir, monster yang jatuh dari langit, pulau terapung, maupun gemuruh kekuatan dahsyat memanglah kekhasan sendiri dari manga sh nen yang berkualitas.

Penasaran dengan pertualangan Seth dan kelompok penyihirnya?
Cek di sini:
https://www.gramedia.com/products/radiant-01

https://www.gramedia.com/products/radiant-02

Promo Survei GramediaDOK. Gramedia Promo Survei Gramedia

Pengen beli Komik ini, tapi dompet tetap aman?
Klik ini: http://bit.ly/voucher_artikel

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com